KORANMANDALA.COM –  Diabetes menyerang tubuh manusia diawali dengan tanda-tanda atau gejala.

Artinya, jika Anda merasakan tanda tersebut harus hati-hati dan sebisa mungkin segera berkonsultasi dengan dokter.

Maksudnya, agar gejala diabetes itu segera diatasi dan tidak berkelanjutan.

Apa saja tandanya?

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa diabetes itu merupakan penyakit akibat tidak seimbangnya sekresi insulin dalam tubuh manusia yang menyebabkan  metabolisme gula darah akan terganggu dan meningkat.

Jika dikendalikan dengan baik, gula darah it mungkin tidak akan berdampak banyak pada tubuh.

Sebaliknya, jika kadar gula darahnya terus meningkat kemungkinan besar akan menimbulkan komplikasi seperti kaki diabetik yang akan mengancam kehidupan seseorang.

Karena itulah mengetahui gejala diabetes itu menjadi sangat penting.

Nah adapun tanda bahwa tubuh sedang diintip diabetes tersebut, adalah sebagai berikut.

Mati rasa dan keanehan pada anggota badan

Kadar gula darah pada penderita diabetes sering kali meningkat secara tidak normal, apabila kadar gula darah dalam tubuh seseorang meningkat secara tidak normal yang akan merusak sistem saraf manusia.

Itu artinya, jika tubuh mati rasa pada tangan dan kaki, segera periksakan ke dokter atau coba renungkan gaya hidup dan pola makan selama ini.

Mata kabur dan aneh

Pembuluh darah manusia itu sebenarnya tersebar ke seluruh tubuh manusia, dan pembuluh darah dalam tubuh manusia saling terhubung.

Oleh karena itu, ketika kadar gula darah dalam tubuh manusia meningkat, maka keadaan ini akan menjalar ke otak manusia dan mempunyai dampak tertentu pada saraf optik seseorang.

Karena itulah penderita diabetes akan sering merasakan gejala mata kabur dan penglihatan kabur.

Kulit gatal dan tidak biasa

Kulit tubuh manusia tidak hanya terganggu oleh lingkungan luar saja, perubahan lingkungan internal tubuh manusia juga akan membawa dampak tertentu pada kulit.

Ketika kadar gula darah dalam tubuh manusia meningkat, maka  kulit manusia mungkin tidak mampu menyerap darah yang dikirimkan dari pembuluh darah pada waktunya.

Di sisi lain, gula darah yang tinggi lebih cenderung menarik bakteri dan jamur ke permukaan kulit manusia, yang keduanya bisa menyebabkan rasa gatal. gejala pada kulit masyarakat.

Gusi mudah berdarah

Mulut manusia mengunyah makanan dalam jumlah besar setiap hari, dan seringkali terdapat banyak bakteri yang tersembunyi di dalam mulut.

Bagi orang normal, kekebalan tubuh mungkin sangat menjaga dari serbuan bakteri tersebut, namun bagi penderita diabetes, hal tersebut biasanya terjadi.

Dari penyakit ini, imunitas tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan pasien mudah mengalami gusi berdarah , bengkak, dan nyeri.

Demikianlah beberapa tanda tubuh sedang diintip diabetes. Semoga bermanfaat. (ape)***

Sumber: Healthline

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version