KORANMANDALA.COM – Gatal bintik merah adalah ketika kulit mengalami bercak merah yang biasanya disertai dengan rasa gatal yang intens. Kondisi ini sering terjadi di wajah, lengan, kaki, dan selangkangan.

Bintik merah pada kulit bisa menjadi tanda dari berbagai masalah, termasuk alergi, dermatitis, eksim, atau infeksi jamur.

Berikut beberapa penyebab umum gatal bintik merah:

Biang keringat:
Terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat saat berkeringat, biasanya pada cuaca panas atau lembab. Bintik merah biasanya terasa gatal atau nyeri.

Dermatitis kontak:
Reaksi kulit terhadap alergen tertentu, seperti nikel, karet, sabun, deterjen, atau bahan kimia lainnya. Gejalanya meliputi gatal, ruam, kemerahan, bengkak, dan lepuhan.

Kurap:
Infeksi jamur pada kulit di area kaki, seperti jari kaki, telapak kaki, atau selangkangan. Biasanya ditandai dengan bintik merah seperti jerawat dengan tekstur menonjol dan pola melingkar.

Dermatitis seboroik:
Masalah pada kulit kepala yang menyebabkan bercak bersisik, kulit meradang, dan ketombe membandel. Kondisi ini biasanya menyerang area tubuh yang berminyak seperti wajah, sisi hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi gatal bintik merah pada kulit meliputi:

Menggunakan salep antijamur untuk mengobati infeksi jamur pada kulit.

Mengonsumsi obat antihistamin untuk mengatasi gejala alergi.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version