KORANMANDALA.COM – Penyakit kanker mulut sering kali terlambat disadari. Gejala kanker mulut sering ditandai dengan bercak putih di sekitar bibir dan lidah yang mirip sariawan biasa.

Sariawan sering terjadi dan dapat muncul sebagai luka berbentuk bercak putih di sekitar bibir, gusi, dan lidah. Namun, tidak semua lesi di mulut adalah sariawan; beberapa bisa menjadi gejala kanker mulut yang serius.

Kanker mulut dapat menyerang area seperti permukaan lidah, dalam pipi, langit-langit mulut, bibir, atau gusi, menyebabkan lesi putih yang mirip sariawan.

Ini seringkali tidak disadari oleh penderitanya, yang bisa menyebabkan penyebaran penyakit ke area lain di kepala dan leher jika tidak diobati.

Perbedaan antara sariawan dan gejala kanker mulut diantaranya adalah :

Lama Penyembuhan:
Sariawan biasanya sembuh dalam dua minggu, sementara lesi kanker mulut tidak sembuh dalam satu bulan.

Penampilan:
Sariawan cenderung berwarna merah dengan tepi yang meradang, sementara kanker mulut dapat memiliki benjolan kecil di bawah lesi.

Nyeri:
Sariawan biasanya menyebabkan sensasi terbakar atau kesemutan, sementara kanker mulut pada tahap awal jarang menyebabkan rasa sakit.

Perubahan:
Lesi kanker mulut mungkin membesar, berubah warna, atau mengeluarkan darah.

Perkembangan:
Sariawan umumnya sembuh dalam dua atau tiga minggu tanpa perubahan yang signifikan, sementara lesi kanker mulut bisa memburuk seiring waktu.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version