KORANMANDALA.COM – Kulit kering adalah kondisi di mana kulit kehilangan kelembapan alaminya, menyebabkan kulit menjadi kasar, bersisik, atau terasa tegang.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari dehidrasi, cuaca ekstrem, penggunaan produk kimia yang berlebihan, proses penuaan, hingga gangguan kulit seperti eksim atau psoriasis.

Untuk mengatasi kulit kering, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan setelah mengetahui penyebabnya:

Pertama, membersihkan wajah dengan lembut, minimal dua kali sehari dan setelah berkeringat. Gunakan pembersih yang lembut, tanpa alkohol, dan non-berbusa, terutama jika kulit sensitif.

Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti asam stearat atau asam linoleat untuk membantu memperbaiki kulit. Mencuci wajah dengan air dingin juga dapat membantu mengecilkan pori-pori, dan di waktu lain, cukup bersihkan wajah hanya dengan air.

Kedua, melembapkan kulit dengan menggunakan pelembap beberapa kali sehari, terutama saat kulit terasa kering. Pastikan untuk mengoleskan pelembap setelah mencuci tangan, mencuci muka, atau mandi.

Pilih pelembap yang mengandung urea, ceramide, asam lemak, gliserol, shea butter, atau cocoa butter.
Hindari produk yang mengandung bahan pewangi, zat penyebab alergi, atau sodium lauryl sulfate yang dapat membuat kulit semakin kering.

Ketiga, batasi mandi tidak lebih dari sekali sehari dan tidak lebih dari 5-10 menit, menggunakan air hangat daripada air panas.

Terlalu lama mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga memperparah kondisi kulit kering.

Terakhir, gunakan produk khusus seperti sabun pelembap bebas pewangi dan hypoallergenic saat mencuci tangan atau krim pembersih tanpa sabun saat mandi.

Pastikan untuk mengaplikasikan krim pelembap saat kulit masih basah setelah mandi. Gunakan sabun hanya di area yang membutuhkan, seperti ketiak dan selangkangan, untuk menghilangkan bau tidak sedap.- ***

 

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version