KORANMANDALA.COM –  Menurut ahli kesehatan, ada kebiasaan di pagi hari yang bisa membutuh tubuh sehat.

Banyak yang beranggapan, kebiasaan yang baik dilakukan di pagi hari adalah minum air putih hangat.

Ternyata minum air putih hangat bukan yang baik pertama, tetapi kedua. Lalu apa yang pertama?

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa kebiasaan di pagi hari memang bisa menjaga kesehatan seseorang.

Dan harus diketahui, pemeliharaan kesehatan yang sebenarnya adalah menjaga kebiasaan hidup yang baik sejak bangun di pagi hari hingga malam hari,

Harus diketahui pula bahwa efek menjaga kesehatan merupakan efek kumulatif yang terbentuk secara bertahap dengan menjaga kebiasaan baik dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, apa saja kebiasaan yang bisa membuat sehat? Dikutip dari beberapa sumber, kebiasaan itu adalah sebagai berikut.

1.Membiasakan diri buang air besar teratur.

Setelah bangun pagi sebenarnya adalah waktu yang paling baik untuk buang air besar.

Mengapa demikian, karena apa yang kita makan kemarin telah dicerna setelah melalui malam yang panjang, dan banyak sisa makanan yang menumpuk di usus sehingga membentuk feses.

Kebiasaan buang air besar sama dengan tidur, lama kelamaan menjadi teratur.Jika tidur adalah jam biologis yang ditetapkan oleh otak, maka buang air besar adalah jam biologis yang ditetapkan oleh usus.

Kebiasaan buang air besar yang baik dapat membuat usus menjadi lebih sehat dan menjadikan usia ketiga Anda, yaitu usia usus, menjadi lebih muda.

2 Minum air putih

Setelah semalaman tidak minum air lagi, maka segelas air pertama setelah bangun pagi sangatlah penting.

Minum air dapat dengan cepat mengisi kembali volume darah Anda, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kekentalan darah.

Air minum juga dapat mengisi kembali air di usus pada waktunya, sehingga meningkatkan volume tinja dan membantu Anda buang air besar lebih baik setelah bangun tidur di pagi hari.

3. Sarapan

Jika Anda tidak pernah sarapan pagi, kesehatan Anda pasti tidak akan baik, karena melewatkan sarapan merugikan diri sendiri.

Jika sering melewatkan sarapan, mukosa lambung akan mudah terkena asam lambung yang tinggi, lama kelamaan akan timbul penyakit maag dan tukak lambung.

Jika sering melewatkan sarapan, empedu akan tetap berada di kantong empedu dan tidak pernah bisa dikosongkan.

Sarapan tepat waktu merupakan kebiasaan yang baik, namun Anda tidak hanya harus sarapan pagi saja, tapi juga makan makanan yang sehat.

4. Oahraga

Hidup itu terletak pada olah raga, kesadaran ini harus anda miliki sejak bangun tidur di pagi hari.

Banyak orang yang beranggapan bahwa olah raga itu harus mengeluarkan keringat yang banyak, dan harus ke gym atau lapangan olah raga baru bisa disebut olah raga.

Itu salah besar.

Mengerjakan pekerjaan rumah adalah olah raga, berjalan pelan-pelan adalah olah raga, dan mengendurkan persendian juga olah raga.

Setelah duduk lama, kamu berdiri dan mengganti posisi tubuhmu. postur tubuh Ini juga disebut olahraga.

Bila Anda memiliki cukup waktu, Anda dapat memilih berbagai bentuk olah raga seperti berenang, lari, bersepeda, mendaki gunung, dll.

Hanya dengan gemar olah raga Anda bisa sehat, dan dengan gemar olah raga Anda bisa memiliki mentalitas yang lebih baik. (ape)

Sumber: Beberapa Sumber

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version