KORANMANDALA.COM – Minum air putih sehat atau menyehatkan. Namun demikian, kita jangan diam, jika ada reaksi tidak normal setelah meminumnya.

Jika ada reaksi abnormal setelah minum air putih, segeralah periksa ke doktar untuk melakukan pengobatan.

Gejala abnormal apa saja yang harus diwaspadai setelah minum air?

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini 4 di antaranya.

1.Perut tidak nyaman

Jika Anda merasakan perut nyeri setelah minum banyak air  serta jumlah urin tidak bertambah, mungkin karena ginjal tidak berfungsi dengan baik dan tidak dapat mengeluarkan kelebihan air pada waktunya, sehingga mengakibatkan penumpukan air di perut.

Jika ini terjadi, Anda perlu segera mencari pertolongan medis untuk memeriksa kondisi ginjal untuk menyingkirkan masalah seperti nefritis dan gagal ginjal .

2. Mulut kering terus-menerus

Dalam keadaan normal, rasa haus setelah makan makanan asin atau berolahraga berat merupakan reaksi yang wajar.

Namun jika rasa haus yang Anda alami sulit hilang setelah minum banyak air dan disertai dengan buang air kecil yang tidak normal, bisa jadi gula darah Anda terlalu tinggi yang bisa menyebabkan tekanan osmotik dalam tubuh meningkat sehingga membutuhkan lebih banyak air untuk mengencerkan gula. dalam darah.

Ini mungkin merupakan tanda penyakit metabolik seperti diabetes.

Jika itu terjadi, Anda harus segera mencari pertolongan medis untuk memeriksa kadar gula darah Anda untuk menyingkirkan kemungkinan diabetes dan masalah metabolisme lainnya.

3. Warna urine tidak normal

Biasanya, urin harus berwarna kuning muda atau bening.

Jika Anda menyadari bahwa urin Anda berwarna gelap atau merah setelah minum banyak air, Anda mungkin memiliki masalah hati atau ginjal yang menyebabkan urin Anda mengandung terlalu banyak bilirubin atau hemoglobin.

Dalam kasus yang parah, penyakit ini juga dapat menyebabkan penyakit kuning, nefritis, batu ginjal, dan masalah lainnya.Jika perlu, segera dapatkan bantuan medis untuk memeriksa fungsi hati dan ginjal untuk menyingkirkan potensi hepatitis , nefritis, batu ginjal , dan masalah lainnya.

4. Urin berbusa

Jika urin banyak berbusa, kemungkinan kandungan protein dalam urin terlalu tinggi sehingga menyebabkan tegangan permukaan meningkat dan membentuk busa.

Jika busa terus berlanjut, mungkin itu pertanda penyakit ginjal dan memerlukan perhatian medis.

Reaksi abnormal ini sering kali merupakan tanda adanya masalah kesehatan fisik dan tidak boleh diabaikan. Jika muncul sesuatu yang tidak normal, sebaiknya segera mencari pertolongan medis untuk pemeriksaan menyeluruh. (ape)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version