KORANMANDALA.COM – Selama bulan puasa, para ahli kesehatan sangat menyarankan yang menjalankan ibadah puasa untuk  mengonsumsi kurma dan air putih,

Perlunya mengomsusi kurma dan air putih itu baik saat buka bupasa, usai tarawih dan saat makan sahur.

Dengan makan kurma dan air putih, tubuh kembali dapat asupan cairan yang hilang, dan  memperoleh vitamin gizi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin C dan D.

Itu semua terjadi, karena kurma memang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia.

Dikutip dari DNA India, berikut ini beberapa manfaat yang perlu diketahui dari kurma.

-Kaya nutrisi

Kurma penuh dengan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat, termasuk potasium, magnesium, vitamin B6 dan zat besi.

– Meningkatkan energi

Karena mengandung gula alami, kurma memberikan penambah energi dengan cepat, menjadikannya pilihan camilan yang baik untuk individu yang aktif.

-Kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kurma mendukung kesehatan pencernaan dengan melancarkan buang air besar secara teratur.

-Kesehatan jantung

Kurma membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan potasiumnya yang mendukung fungsi jantung.

-Kesehatan tulang

Kurma merupakan sumber mineral yang baik seperti kalsium, fosfor dan magnesium, yang penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

-Antioksidan

Kurma mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik, yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

-Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam kurma dapat memiliki efek neuroprotektif, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

-Alternatif pemanis alami

Kurma dapat digunakan sebagai pemanis alami dalam resep, menawarkan alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula rafinasi, serta memberikan rasa kenyang dan mengurangi keinginan akan makanan manis.

Demikianlah alasan mengapa kita harus mengkonsumsi kurma saat buka puasa dan sahur Ramadan. (ape)***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version