KORANMANDALA.COM – Seorang ahli diet mengungkap beberapa makanan yang yang dihindari dan perlu bagi yang menderita kolesterol tinggi, baru-baru ini.

Ahli diet tersebut, seperti dikutip dari Medical Express, adalah Profesional Kesehatan Berbasis Tanaman Rosie Martin.

Adapun makanan yang paling perlu untuk dihindari tersebut adalah yang mengandung lemak tak jenuh.

“Makanan yang mengandung lemak jenuh adalah yang terburuk,” kata dia.

“Anda lebih berisiko terkena kolesterol darah tinggi jika banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh,” ia menambahkan.

Mengenai makanan yang masuk dalam katagori mengandung lemak tak jenuh tersebut, antara lain mencakup produk hewani, seperti daging, keju, dan mentega.

“Selain itu makanan ultra-olahan, seperti kue, biskuit, kue kering, dan makanan cepat saji,” kata dia.

Spesialis tersebut menyatakan bahwa lemak jenuh dapat menghalangi reseptor di hati, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kolesterol dari darah dan memecahnya, sehingga menyebabkan penumpukannya dan terjadinya komplikasi kesehatan.

Martin mengatakan, mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh itu dapat meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas rendah (jahat) dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selanjutnya Martin menyarankan, agar terhindari dari kolesterol tinggi, makanlah makanan yang kaya serat termasuk biji-bijian.

“Mengonsumsi makanan yang kaya serat, termasuk biji-bijian, seperti gandum dan beras merah, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta alternatif daging kaya protein seperti kedelai dan kacang-kacangan,” kata dia.

“Mengonsumsi makanan kaya serat dikaitkan dengan penurunan berat badan, penurunan tekanan darah, dan penurunan kolesterol,” kata dia pada akhirnya. (ape)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version