KORANMANDALA.COM – Serat makanan diakui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ia antara lain memiliki manfaat besar bagi sistem pencernaan,  membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko diabetes dan beberapa jenis kanker.

Terbaru, menurut sebuah penelitian, serat yang ada dalam suplemen nutrisi, ternyata membantu meningkatkan fungsi otak. pada orang tua.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature Communication dan melibatkan sekelompok sukarelawan berusia di atas enam puluh tahun itu, mengonsumsi suplemen nutrisi yang mengandung serat membantu mencapai “peningkatan fungsi memori yang signifikan”.

Studi tersebut mengevaluasi hubungan antara mikrobioma dalam saluran pencernaan dan fungsi mental dan fisik pada orang lanjut usia. Mikrobioma mengacu pada bakteri, jamur, dan virus yang hidup di dalam tubuh manusia.

Disebutkan, dalam rangka percobaan yang dilakukan selama 12 minggu, para relawan dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diberi suplemen nutrisi yang mengandung serat, dan kelompok kedua diberi plasebo, kemudian anggotanya diberi plasebo.

Kedua kelompok itu kemudian dilakukan serangkaian tes visual dengan eksperimen untuk mengukur efisiensi pembelajaran.

Studi tersebut menyimpulkan mengonsumsi makanan kaya serat membantu mengaktifkan mikroorganisme di dalam perut, yang menyebabkan perubahan fisiologi otot dan perilaku kognitif.

Jadi, menurut mereka, jika fungsi otak ingin tetap sehat dan jauh dari kepikunan, para lansia disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan mengandung serat. (ape)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version