KORANMANDALA.COM – Penderita diabetes dan pra-diabetes, disarankan untuk menghindari beberapa makanan ketika perut kosong.

Dengan tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, penderita diabetes atau pra-diabetes artinya berhasil mengelola diabetes yang bermanfaat untuk kesehatan yang bersangkutan.

Sementara jika tetap dikonsumsi, dikhawatirkan  berpotensi menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat dan menimbulkan komplikasi.

Adapun makanan terburuk untuk dikonsumsi penderita diabetes dan pra-diabetes saat perut kosong, adalah sebagai berikut.

1. Minuman Manis

Minuman seperti soda, jus buah, dan teh manis adalah penyebab utama lonjakan gula darah. Minuman ini dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah dengan cepat.

Memilih air putih, teh herbal, atau minuman tanpa pemanis adalah pilihan yang lebih baik untuk tetap terhidrasi tanpa memengaruhi kadar gula darah.

2. Roti Putih dan Kue Kering

Makanan yang terbuat dari biji-bijian olahan, seperti roti putih, kue kering, dan sereal manis, dengan cepat dipecah menjadi glukosa di dalam tubuh.

Dengan kandungan serat yang minim untuk memperlambat pencernaan, makanan ini bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara cepat jika dikonsumsi saat perut kosong.

1 2 3
Sumber: Healthline.com

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version