KORANMANDALA.COM – Mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga sangat dianjurkan karena tidak hanya membantu memulihkan stamina, tetapi juga mengoptimalkan manfaat olahraga.

Makanan yang ideal dikonsumsi setelah berolahraga harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Jika lebih memilih camilan daripada makanan utama, pastikan camilan tersebut bernutrisi dan hindari konsumsi camilan manis secara berlebihan.

Konsumsi makanan yang tepat sangat penting, terutama setelah berolahraga berat. Beberapa manfaat dari konsumsi makanan sehat setelah berolahraga adalah:

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/77566/7-akun-ff-gratis-rank-gm-banyak-dm-pet-dan-skin-terbaru-mei-2024/

Menambah energi dan stamina

Membantu pembentukan jaringan otot baru

Mengembalikan keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh

Mengoptimalkan metabolisme tubuh setelah olahraga

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat setidaknya 45 menit setelah berolahraga.

Pilihan Makanan Sehat setelah Berolahraga

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/77850/cara-mendapatkan-20-akun-ff-sultan-gratis-terbaru-26-mei-2024-skin-bundle-ekslusif-dan-senjata-premium-free-fire/

Nasi Hainan dan Dada Ayam
Kombinasi nasi hainan dan dada ayam yang wangi dan gurih merupakan pilihan baik setelah berolahraga.

Keduanya mengandung karbohidrat dan protein yang mendukung pemulihan dan pembentukan otot. Dada ayam juga mengandung vitamin B6 yang penting untuk metabolisme tubuh. Biasanya, nasi hainan disajikan bersama acar timun dan tumis pakcoi yang memberikan nutrisi tambahan.

Roti Panggang dan Telur
Roti panggang dan telur adalah pilihan makanan sehat lainnya.

Telur sebagai sumber protein membantu membangun dan mempertahankan massa otot, sementara karbohidrat dalam roti mempercepat pemulihan dan mengisi energi. Pilihlah roti gandum utuh yang lebih bernutrisi dan baik untuk kesehatan pencernaan.

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/78124/tersedia-19-kode-redeem-ff-max-sampai-akhir-mei-2024/

Olahan Ikan
Ikan yang diolah menjadi sup, dikukus, atau dipepes juga baik dikonsumsi setelah berolahraga. Ikan mengandung protein dan omega-3 yang membantu mengurangi peradangan otot.

Beberapa jenis ikan yang dapat dipilih adalah ikan kembung, selar, tenggiri, belanak, bandeng, lele, dan kakap.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan mengandung lemak sehat, termasuk lemak tak jenuh tunggal, ganda, dan omega-3, yang membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga meliputi kacang tanah, edamame, almond, kacang hijau, dan kacang hitam.

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/77383/ayo-klaim-7-kode-redeem-ff-hari-ini-23-mei-2024-langsung-dapet-m1887-ungu-gratis/

Air Mineral atau Minuman Elektrolit
Selain makanan, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan setelah berolahraga.

Air mineral cukup untuk olahraga kurang dari 1 jam, namun untuk olahraga lebih lama, dianjurkan minuman elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, mengatur tekanan darah, dan menyeimbangkan kadar elektrolit.

Minuman sehat lainnya seperti susu cokelat rendah lemak atau smoothie dengan yoghurt, susu almond, dan buah pisang atau apel juga bisa dikonsumsi.

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk rekomendasi makanan sehat lainnya setelah berolahraga dan untuk mengetahui porsi makan ideal sesuai kondisi tubuh.- ***

 

 

 

 

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version