KORANMANDALA.COM – Mengadopsi pola hidup sehat dengan nutrisi seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

Jika Anda bosan atau bingung dengan pilihan menu makan siang, ada banyak opsi makan siang sehat yang bisa Anda coba buat di rumah. Selain lebih sehat, Anda juga bisa menyesuaikan menu tersebut dengan selera dan kondisi kesehatan Anda.

Bukan hanya sarapan dan makan malam, nutrisi dalam menu makan siang juga perlu diperhatikan, terutama bagi pekerja yang beraktivitas sepanjang hari dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Beragam Rekomendasi Menu Makan Siang Sehat

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/77566/7-akun-ff-gratis-rank-gm-banyak-dm-pet-dan-skin-terbaru-mei-2024/

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi menu makan siang sehat adalah dengan membuatnya sendiri di rumah. Memasak makanan sendiri memiliki banyak keuntungan, termasuk lebih sehat, porsi yang dapat disesuaikan, dan tentunya lebih hemat.

Berikut ini adalah beberapa resep yang dapat Anda coba:

Resep Sup Sayuran

Bahan-bahan:
1 liter air matang
1 buah bawang bombai ukuran sedang
½ siung bawang putih, haluskan
½ siung bawang merah, haluskan
2 buah wortel
3 batang seledri
3 batang daun dill atau adas sowa
400 gr tomat cincang
80 gr buncis
80 gr kacang polong
50 gr makaroni
Daun bawang
Garam dan lada secukupnya
½ sdm minyak sayur

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/77850/cara-mendapatkan-20-akun-ff-sultan-gratis-terbaru-26-mei-2024-skin-bundle-ekslusif-dan-senjata-premium-free-fire/

Cara membuat:
Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombai, bawang putih, dan bawang merah yang sudah dihaluskan hingga harum. Angkat dan diamkan sementara.
Masak air hingga mendidih, lalu masukkan wortel dan buncis yang sudah diiris tipis, serta tomat, kacang polong, dan makaroni.

Tambahkan hasil tumisan dan aduk hingga rata.

Tambahkan irisan seledri serta garam dan lada secukupnya.

Masak selama 15 menit dan sup sayuran siap disajikan.

Sup sayuran sangat memenuhi ketentuan pola makan sehat karena terdiri atas berbagai sayuran. Satu porsi sup sayuran sesuai menu di atas mengandung 78 kalori dengan kadar lemak rendah, sekitar 1,9 gram. Menu ini juga cocok bagi Anda yang menjalani pola makan vegetarian.

BACA JUGA: https://www.koranmandala.com/game/77383/ayo-klaim-7-kode-redeem-ff-hari-ini-23-mei-2024-langsung-dapet-m1887-ungu-gratis/

Resep Ayam Lemon

Bahan-bahan:
2 buah dada ayam tanpa tulang dan kulit
1 buah bawang putih ukuran kecil, iris tipis
1 gelas air kaldu
½ buah jeruk lemon, peras dan parut kulitnya
6 buah jamur, iris tipis
1 sdm irisan seledri
Garam, lada hitam, dan adas secukupnya
1 sdm minyak sayur

Cara membuat:
Goreng ayam hingga berwarna cokelat dan tiriskan.

Tumis bawang dan jamur, lalu masukkan air kaldu.

Tambahkan adas dan didihkan dengan api kecil.

Tambahkan parutan kulit dan air perasan lemon, seledri, dan lada hitam.

Masak hingga mendidih.

Masukkan ayam ke dalam panci dan masak selama 15–20 menit.

Ayam lemon siap disajikan.

Menu ini merupakan salah satu makanan berprotein tinggi dan rendah lemak. Dalam satu porsi ayam lemon, Anda bisa mendapatkan energi sebesar 200 kalori, 40 gram protein, dan kadar lemak sebesar 10 gram.

Selain mencoba menu makan siang sehat di atas, Anda juga bisa berkreasi membuat menu sehat lainnya, seperti gado-gado dengan tambahan daging ayam, nasi kepal isi cumi asin, ikan panggang sambal andaliman, atau salad sayuran dengan daging tanpa lemak.

Apabila Anda masih bingung menentukan menu makan siang sehat sesuai kebutuhan tubuh, terutama jika Anda memiliki penyakit kronis, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui menu makan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version