KORANMANDALA.COM – Kubis adalah sayuran berdaun lezat yang dianggap tidak memiliki manfaat kesehatan.

Faktanya,  sayuran silangan tersebut penuh dengan manfaat kesehatan .

Sebelum dibahas manfaat besarnya, perlu diketahui bahwa kubis bisa disajikan dengan dimasak, mentah atau difermentasi.

Selain itu, kubis atau kol juga bisa dibuat jus. Menurut studi, kubis yang dijus dapat memberikan
berbagai macam nutrisi yang mungkin hilang jika dikonsumsi dalam keadaan matang.

Berikut adalah beberapa manfaat jus kubis tersebut sebagaimana dikutip dari sumber.

1.Pembangkit tenaga vitamin, mineral dan nutrisi lainnya

Jus kubis adalah cara terbaik untuk menambahkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda. Saat kubis dijus, nutrisi yang sulit diperoleh dari cara lain mengonsumsi sayuran silangan akan diekstraksi.

Jus kubis merupakan sup vitamin, termasuk A, B2, B6, C, E, K dan folat. Itu juga penuh dengan mineral seperti kalsium, yodium, zat besi, magnesium, kalium, natrium dan belerang.

2.Membantu mengobati maag

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Western Journal of Medicine menunjukkan bahwa minum jus kubis adalah obat alami yang aman dan efektif untuk tukak lambung .

Para peneliti melaporkan penurunan tukak lambung secara cepat pada orang yang mengonsumsi jus kubis, dan mencatat bahwa angka tersebut jauh lebih cepat yaitu sekitar 10 hari dibandingkan dengan pasien yang menggunakan terapi standar yang memerlukan waktu sekitar 37 hari untuk mengurangi tukak lambungnya.

Para ahli percaya bahwa jus kubis memiliki faktor makanan anti tukak lambung yang mempercepat regenerasi, termasuk vitamin U, yang mencegah pembentukan tukak lambung akibat histamin.

3,Menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung

Mengonsumsi lima atau lebih porsi jus kubis setiap minggu dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan limfoma sebesar 33 persen pada wanita, serta penurunan risiko pengembangan jenis kanker tertentu lainnya, seperti kanker kandung kemih dan usus besar.

Jus kubis, seperti disebutkan sebelumnya, juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik seperti vitamin A dan C, antosianin, sulforaphane dan karotenoid, yang melalui kapasitas antioksidannya dapat mengurangi pertumbuhan atau menyebabkan kematian sel pada sel kanker .

4.Melawan peradangan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention mengakui kontribusi varietas kubis sebagai sumber fitokimia antioksidan dan anti-inflamasi yang penting , termasuk sulforaphane dan flavonoid, seperti apigenin, kaemferol, dan quercetin.

5. Mendukung tujuan pengelolaan berat badan yang wajar

Terakhir, jusJ kubis, yang merupakan sumber serat yang kaya nutrisi, sangat ideal bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Kandungan seratnya ditambah dengan kandungan airnya yang tinggi membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan mencegah rasa lapar, selain menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Demikianlah beberapa manfaat dari kubis jika dibuat jus. ***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version