KORANMANDALA.COM – Durasi belajar anak TK cukup singkat, hanya sekitar 3 jam. Sebelum siang, anak-anak sudah diperbolehkan pulang. Oleh karena itu, bekal yang diberikan kepada anak tidak perlu terlalu berat seperti nasi dan lauk.

Membuat bekal anak TK selain nasi tidak boleh sembarangan. Bahan masakan yang digunakan harus bernutrisi untuk memberikan energi dan menjaga kesehatan Si Kecil. Selain itu, pastikan menu yang diberikan rasanya enak dan penampilannya menarik agar sang buah hati mau menghabiskannya.

Sebelum berangkat sekolah, anak TK biasanya sudah sarapan. Jadi, cukup sediakan camilan sehat untuk mereka. Misalnya, seperti pancake, roti isi, atau bihun goreng sayur.

Tidak hanya mengenyangkan, berbagai makanan tersebut juga kaya nutrisi yang penting untuk pertumbuhan Si Kecil dan membantu menjaga kesehatannya.

TK adalah tahap pendidikan bagi anak usia 4–6 tahun, yang penuh dengan bermain dan belajar. Oleh karena itu, bekal anak perlu bergizi dan mengandung banyak kalori.

Berikut beberapa ide menu bekal anak TK selain nasi yang bisa dibuat dengan mudah di rumah:

Martabak telur
Martabak telur terbuat dari telur, daging ayam atau sapi cincang, daun bawang, dan bumbu penyedap, yang dicampur dan digoreng hingga matang. Ini memberikan protein dan energi untuk bermain dan belajar.

Bihun goreng sayur
Bihun goreng sayur terbuat dari bihun, daging ayam atau udang, bakso sapi, telur, dan berbagai sayuran seperti wortel dan sawi. Ini mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

Pancake
Pancake terbuat dari telur, tepung, keju, yoghurt, susu, dan bisa ditambahkan santan kental untuk kalori tambahan. Ditaburi topping favorit anak, seperti buah-buahan.

Roti isi
Roti isi terdiri dari roti gandum, telur, daging ayam atau sapi panggang, selada, tomat, dan mentimun. Ini kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya.

Makaroni kukus keju
Makaroni kukus keju terbuat dari makaroni, daging ayam atau sapi, susu, keju, wortel, bawang bombay, dan bawang putih. Ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai vitamin serta mineral.

Telur dadar gulung
Telur dadar gulung terbuat dari telur, bawang merah, bawang putih, jamur, daun bawang, susu, dan garam. Ini memberikan protein, lemak baik, dan berbagai nutrisi lainnya.

Kentang tumbuk
Kentang tumbuk kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Bisa disajikan dengan tumis ayam teriyaki, ikan dori panggang, atau bola daging, serta sayuran rebus seperti brokoli, buncis, atau wortel.

Siapkan semua bahan di malam hari untuk menghemat waktu pagi hari. Selain itu, kemas bekal anak dengan kreatif agar menggugah selera mereka, misalnya dengan bentuk yang menarik.

Jika punya pertanyaan tentang menu bekal anak TK selain nasi yang sesuai kebutuhan nutrisi, bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version