KORANMANDALA.COM – Beras merah mengandung banyak nutrisi dan dianggap lebih sehat dibandingkan beras putih.

Manfaatnya sudah dikenal luas, terutama di kalangan mereka yang berdiet, karena lebih bernutrisi dan mendukung pola makan sehat. Selain itu, beras merah menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Salah satu nutrisi penting dalam beras merah adalah serat, yang berperan besar dalam proses penurunan berat badan.

BACA JUGA: COCOK UNTUK BY ONE! 13 Akun FF Sultan Gratis Masih Aktif Hari Ini 7 Juni 2024, Login Sekarang dan Upgrade Item Eksklusif

Seporsi beras merah (sekitar 200 gram) mengandung sekitar 230-250 kalori dan berbagai nutrisi penting lainnya, seperti:
• 45-50 gram karbohidrat
• 3-3,5 gram serat
• 5 gram protein
• 1,6-2 gram lemak
• 160 miligram kalium
• 80 miligram magnesium
• 2 miligram natrium
• 1,1 miligram zat besi
• 150-200 miligram fosfor

Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B, asam pantotenat, mangan, kalsium, dan zinc meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, beras merah baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk bayi dan anak-anak.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Mengontrol berat badan:
Beras merah membantu mengontrol berat badan karena kandungan serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang membuat kenyang lebih lama. Penelitian menunjukkan konsumsi rutin beras merah dapat mencegah obesitas.

Melancarkan pencernaan:
Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam beras merah dapat melancarkan pencernaan dan menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, serta mencegah sembelit jika dikonsumsi secara rutin.

Mengontrol kadar gula darah:
Beras merah memiliki indeks glikemik lebih rendah dibanding beras putih, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah dan baik untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular:
Beras merah kaya akan serat, antioksidan, magnesium, dan lignan yang membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat, mengontrol tekanan darah, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Mengurangi risiko kanker:
Kandungan antioksidan seperti fenolat dan flavonoid dalam beras merah melindungi sel tubuh dari stres oksidatif, yang bisa memicu berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Untuk memaksimalkan manfaat beras merah, disarankan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur, berolahraga rutin, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi alkohol.

Penyimpanan beras merah juga perlu diperhatikan agar tidak terkontaminasi kutu beras yang bisa mengurangi kualitas dan nutrisinya.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version