KORANMANDALA.COM – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyebabkan banyak kematian. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah di jantung tersumbat, mengakibatkan aliran darah ke otot jantung terganggu. Kondisi ini bisa merusak otot jantung dan mengurangi kemampuannya untuk memompa darah secara optimal.

Penanganan penyakit jantung harus dilakukan dengan hati-hati karena kesalahan dapat berdampak serius.

Beberapa obat alami dari tumbuhan diklaim bagus untuk penyakit jantung dan mudah ditemukan. Namun, penggunaannya harus dikonsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

BACA JUGA: Update 10 Akun FF Sultan Gratis Hari Ini 9 Juni 2024 dengan Skin SG2 OPM dan Senjata Langka!

Sebenarnya, penanganan penyakit jantung yang efektif hanya bisa dilakukan oleh dokter dengan obat-obatan khusus atau tindakan medis tertentu. Meski demikian, beberapa obat alami dari tumbuhan dapat dicoba untuk mencegah kondisi jantung memburuk, tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Berikut adalah beberapa obat alami dari tumbuhan yang dapat dicoba untuk penyakit jantung:

Ginkgo Biloba
Ginkgo biloba dikenal bermanfaat untuk penderita penyakit jantung karena mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan dan antiradang. Tanaman ini membantu melancarkan aliran darah dan mencegah sumbatan di pembuluh darah. Biasanya, ginkgo biloba dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Namun, penggunaan ginkgo biloba harus dikonsultasikan dengan dokter, terutama jika sudah menggunakan obat medis seperti obat pengencer darah, karena bisa berinteraksi negatif.

Bawang Putih
Bawang putih, yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, serta mengurangi peradangan berkat kandungan senyawa allicin. Namun, allicin juga dapat meningkatkan pengenceran darah, sehingga sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan obat pengencer darah seperti warfarin untuk mencegah risiko perdarahan.

Teh Hijau
Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah aterosklerosis atau pembentukan plak di pembuluh darah jantung. Konsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, teh hijau bisa mengganggu efek obat jantung dan obat pengencer darah, jadi perlu konsultasi dokter sebelum mengonsumsinya.

Daun Kelor
Daun kelor kaya akan manfaat kesehatan, termasuk mengatasi penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol penyebab penyakit jantung koroner, berkat kandungan flavonoid, asam fenolik, dan alkaloid yang menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Kunyit
Kunyit, yang mengandung kurkumin bersifat antioksidan dan antiradang, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi pembekuan darah di arteri. Namun, penggunaan kunyit bersama obat pengencer darah seperti warfarin perlu dihindari untuk mencegah perdarahan.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version