KORANMANDALA.COM – Ada risiko untuk kesehatan jika makanan yang kita makan disentuh atau dihinggapi lalat. Agar makanan aman, berikut ini cara alami mengusirnya.

Selama ini kita mengira lalat yang menyentuh makanan tidak berbahaya, dan hanya dianggap gangguan kecil saja. Kita juga kadang membiarkan lalat berada di makanan.

Padahal, sebagaimana dikutip dari AgroWeb.org, risiko kesehatan yang ditimbulkan pada manusia akibat konsumsi makanan yang terkena lalat sangatlah besar.

Perlu diketahui, lalat  itu dapat menularkan berbagai penyakit menular seperti kolera, tipus, dan disentri. Lalat juga, menurut penelitian, biasanya membawa ratusan bakteri berbahaya.

Para ahli mengatakan, jika lalat tetap memakan makanan selama satu detik saja, bakteri yang terkumpul di tubuhnya akan tumpah ke piring dan kemudian kita makan.

Karena itulah para ahli menyarankan kita  untuk menghindari makan makanan yang terkontaminasi oleh lalat.

Adapun caranya, antara lain sebagai berikut.

1. Sediakan kantong plastik berisi air

Untuk diketahui, air itu menimbulkan pantulan berbeda dan mengganggu penglihatan lalat. Konon, sekantong air itu menyerupai jaring laba-laba bagi lalat sehingga mereka hindari.

Disarankan untuk mengisi kantong plastik dengan air dan menyimpannya di dekat pintu, balkon, dan jendela agar lalat tidak berani masuk.

1 2
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version