Antioksidan berwarna-warni ini mendukung kesehatan mata dan dapat mengurangi risiko kanker.

“Pastikan untuk mengonsumsi makanan ini dengan kulitnya, karena jumlah terbesar terdapat di dalam kulit makanan tersebut,” saran Richter.

Karotenoid yang ditemukan dalam labu, tomat, wortel, dan paprika memberikan warna cerah pada makanan nabati berwarna oranye, merah, dan kuning (DPA)

Flavonoid

Flavonoid  ditemukan dalam buah jeruk, teh hijau, beri, apel, bawang bombay, dan kakao. Buah-buahan ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sehingga bermanfaat bagi jantung dan kesehatan secara keseluruhan.

Glukosinolat

Glukosinolat adalah detoksifikasi yang hebat (dari tubuh), yang dapat membantu menghilangkan zat berbahaya dalam tubuh untuk mengurangi risiko kanker.

Glukosinolat juga telah terbukti melindungi terhadap penyakit inflamasi. Senyawa ini banyak ditemukan pada sayuran silangan, seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan kubis.

Fitoestrogen

Fitoestrogen ditemukan dalam biji rami, tahu, jelai, dan kedelai. Menurut para ahli kacang-kacangan ini dapat menyeimbangkan kadar hormon, sehingga sangat bermanfaat bagi wanita.

1 2 3
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version