KORANMANDALA.COM – Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh berkurang, yang menyebabkan kulit wajah menjadi kendur dan munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus di sekitar hidung, mulut, dan pipi.

Tanda penuaan juga bisa muncul lebih cepat akibat paparan sinar matahari, polusi, atau gaya hidup tidak sehat. Namun, ada beberapa cara alami untuk mengencangkan kulit wajah dan menunda tanda-tanda penuaan.

Jika Anda khawatir dengan kulit wajah yang kendur, beberapa cara alami berikut dapat membantu mengencangkannya, diantaranya;

BACA JUGA: Login Sekarang Sebelum Habis! 16 Akun FF Sultan Masih Aktif Hari Ini 20 Juni 2024, Gratis Item Spesial dan Eksklusif

Menggunakan Masker Alami
Anda bisa memakai masker dengan bahan-bahan alami seperti alpukat, madu, dan cokelat bubuk untuk mengencangkan kulit dan mengurangi garis kerutan. Berikut cara membuatnya:

Campurkan 2 buah alpukat, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan cokelat bubuk.

Oleskan masker ke wajah secara merata.

Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Kombinasi ini merangsang produksi kolagen dan melembutkan kulit. Bahan alami lain seperti yoghurt dan spirulina juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit.

Melakukan Pijat Wajah Secara Teratur
Pijat wajah bisa membantu mengencangkan kulit. Gunakan serum atau minyak wajah, lalu pijat dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas selama 5–10 menit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit, mencegah keriput dan garis halus. Anda juga bisa mencoba pijat akupresur atau totok wajah untuk memberikan rasa nyaman dan rileks pada otot wajah.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen
Mengonsumsi makanan tinggi kolagen seperti ikan, brokoli, bayam, tomat, dan stroberi dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mencegah tanda penuaan dini.

1 2
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version