KORANMANDALA.COM – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya yang mengakibatkan banyak kematian. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah jantung tersumbat, sehingga aliran darah ke otot jantung terganggu.

Kondisi tersebut bisa merusak otot-otot jantung dan mengurangi kemampuannya untuk memompa darah secara optimal. Oleh karena itu, penanganan penyakit jantung harus dilakukan dengan hati-hati karena kesalahan dalam penanganan bisa berakibat fatal.

Penanganan utama penyakit jantung hanya dapat dilakukan oleh dokter melalui obat-obatan atau tindakan medis tertentu.

BACA JUGA: Ini Nyata 5 Akun FF Sultan Gratis Ini Untuk Kamu, Buruan Login

Namun, ada beberapa obat alami dari tumbuhan yang bisa dicoba untuk mencegah kondisi memburuk. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Berikut beberapa obat alami dari tumbuhan untuk sakit jantung yang bisa dicoba, antara lain;

Ginkgo biloba
Ginkgo biloba bermanfaat untuk penderita penyakit jantung karena mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Tanaman herbal ini dapat melancarkan aliran darah dan mencegah sumbatan di pembuluh darah.

Biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen, tetapi tidak cocok dikombinasikan dengan obat medis, seperti pengencer darah. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Bawang putih
Bawang putih, yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, serta mengurangi peradangan.

Senyawa allicin dalam bawang putih bersifat antiinflamasi dan antioksidan, tetapi juga dapat meningkatkan pengenceran darah. Hindari penggunaan bersama obat pengencer darah untuk mencegah risiko perdarahan.

Teh hijau
Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis atau pembentukan plak di pembuluh darah jantung.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version