KORANMANDALA.COM – Tidak semua orang mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Sebagian diantaranya ada yang menggantinya dengan makanan lain yang tentunya memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

Makanan pengganti nasi ini dianggap memiliki nilai gizi yang setara atau lebih baik, terutama bagi penderita diabetes.

Jenis makanan ini juga mengandung beragam nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: 10 Akun FF Sultan Gratis Google Hari Ini 23 Juni 2024, Temukan Skin M1887 OPM

Ada berbagai pilihan makanan pengganti nasi yang sehat dan bergizi, di antaranya;

Jagung:
Jagung merupakan makanan pengganti nasi yang umum dikonsumsi di Indonesia. Selain mengandung karbohidrat, jagung juga kaya akan vitamin B, serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C.

Kentang:
Selain karbohidrat, kentang juga mengandung serat, protein, folat, vitamin B6, vitamin C, kalium, omega-3, omega-6, dan zat besi.

Singkong:
Singkong kaya akan serat, protein, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, selenium, dan zat besi. Namun, perlu diingat bahwa singkong mengandung zat kimia yang bisa beracun jika tidak dimasak dengan benar.

Ubi jalar:
Ubi jalar mengandung beta karoten, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat tinggi. Konsumsi ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, menjaga kesehatan usus, meningkatkan fungsi otak dan penglihatan, serta mencegah kerusakan sel.

Selain makanan di atas, masih ada beberapa pilihan lain seperti nasi merah, gandum, barley, dan quinoa.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengganti nasi dengan makanan pengganti jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version