KORANMANDALA.COM – Cuka apel, juga dikenal sebagai cuka sari apel, dibuat melalui proses fermentasi air perasan apel yang diubah menjadi asam asetat oleh bakteri alami. Proses ini memberikan cuka apel rasa asam yang khas.

Cuka apel memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk wanita. Beberapa manfaatnya bisa didapat dengan cara mengoleskan ke tubuh, mengonsumsinya langsung, atau menambahkannya pada makanan dan minuman.

Berikut adalah manfaat cuka apel untuk wanita;

1. Meringankan Gejala Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Cuka apel dapat meredakan peradangan berkat kandungan antioksidannya dan membantu mengatur kadar hormon, sehingga gejala PMS seperti kembung dan kram perut dapat berkurang. Namun, efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Menurunkan Berat Badan
Cuka apel rendah kalori dan dapat meningkatkan metabolisme, membantu mengurangi lemak tubuh berlebih. Manfaat ini optimal jika disertai dengan diet sehat dan rutin berolahraga.

3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Wanita lebih rentan terhadap ISK. Minum campuran air dan cuka apel dapat merangsang buang air kecil lebih sering, membantu mengeluarkan kuman penyebab ISK. Namun, segera konsultasikan ke dokter jika ISK tidak membaik.

4. Menghilangkan Bau Badan
Cuka apel memiliki efek antibakteri yang membasmi kuman penyebab bau badan dan menjaga keseimbangan pH kulit. Campurkan cuka apel dengan air dan oleskan pada ketiak setelah mandi untuk hasil yang optimal.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Antioksidan dalam cuka apel membantu insulin bekerja lebih efektif dalam mengontrol gula darah, mencegah gula darah tinggi. Konsumsi cuka apel sebaiknya diiringi dengan pola makan sehat.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Antioksidan yang terdapat dalam cuka apel mampu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol, serta dapat mencegah komplikasi kehamilan seperti preeklamsia. Namun, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

7. Menyehatkan Rambut
Asam asetat dalam cuka apel dapat menyeimbangkan pH rambut, mengatasi rambut kering dan mengembang, serta mencegah ketombe dan infeksi kulit kepala.

8. Membersihkan Kulit
Campuran air dan cuka apel dapat digunakan sebagai pembersih kulit dan bahan untuk double cleansing, mengangkat debu dan sebum. Namun, perlu diingat untuk mengencerkan cuka apel sebelum digunakan dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki kulit sensitif.

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel, Anda bisa menambahkannya pada makanan dan minuman, atau mencampurnya dengan air untuk dioleskan pada kulit dan rambut.

Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti sensasi perih di dada, kerusakan enamel gigi, dan kekurangan kalium.

Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mulai menggunakan cuka apel.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version