Nutrisi
Margarin dan mentega sama-sama mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, E, K, kalium, kalsium, fosfor, dan kolin, tetapi jenis lemaknya berbeda.

Margarin mengandung lemak tak jenuh ganda yang baik, tetapi bisa mengandung lemak trans. Mentega mengandung lemak jenuh tunggal dan ganda serta kolesterol alami.

Mana yang Lebih Sehat: Margarin atau Mentega?

Margarin dan mentega sama-sama dapat memberikan manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan bijak.

Lemak sehat pada margarin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penyumbatan arteri, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Margarin juga cocok untuk orang yang menjalani diet vegan atau intoleransi laktosa.

Sebaliknya, nutrisi pada mentega membantu menjaga kesehatan tulang, kulit, dan mata, serta dapat menurunkan risiko kanker tertentu seperti kanker paru-paru dan prostat. Mentega juga cocok untuk diet keto.

Namun, konsumsi berlebihan lemak trans pada margarin dan lemak jenuh serta kolesterol pada mentega dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Untuk mencegah dampak negatif tersebut, pilihlah margarin dengan kandungan lemak trans yang sangat rendah dan mentega yang diberi label grass-fed butter karena mengandung lemak jenuh yang lebih rendah.- ***

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version