KORANMANDALA.COM – Dari bentuk dan warnanya, margarin dan mentega terlihat sama. Perbedaannya terletak pada bahan baku dan penggunaannya. Selain itu, kandungan nutrisinya juga berbeda.

Margarin adalah produk dari olahan minyak nabati, sedangkan mentega (butter) berasal dari susu. Agar tidak salah dalam penggunaannya, pahami perbedaan margarin dan mentega berikut ini.

Perbedaan Margarin dan Mentega
Anda dapat membedakan margarin dan mentega berdasarkan beberapa ciri berikut:

BACA JUGA: AKTIF HARI INI! 13 Akun FF Sultan Gratis Masih Aktif Hari Ini, 23 Juni 2024, Tinggal Login Siap Libas Semua Lawan Sampai BOOYAH!

Bahan baku
Margarin dibuat dari minyak nabati seperti minyak kelapa sawit, kanola, kedelai, bunga matahari, atau safflower, yang diproses dengan tambahan air, zat aditif, dan pewarna makanan. Sedangkan mentega umumnya terbuat dari susu sapi, tetapi juga bisa dari susu kambing, domba, atau kerbau.

Proses pembuatan
Margarin dibuat melalui hidrogenasi, yang mengubah minyak menjadi padat dengan tekanan dan suhu tinggi. Beberapa margarin dibuat dengan metode interesterifikasi untuk mendapatkan tekstur semi padat tanpa lemak trans.

Sementara itu, pembuatan mentega dimulai dengan memisahkan krim susu dari susu dengan cara pengendapan, kemudian krim diaduk untuk memisahkan buttermilk dan menghasilkan lemak mentega yang semi padat.

Tekstur dan warna
Margarin memiliki tekstur agak kaku namun mudah dipadukan dan tidak mudah meleleh pada suhu ruang, serta warnanya lebih kuning dengan rasa dan aroma netral.

Sementara mentega memiliki tekstur sangat lembut dan mudah meleleh pada suhu ruang, dengan warna kuning pucat dan aroma khas susu.

Kegunaan
Margarin cocok untuk olesan roti dan pembuatan kue basah atau bolu karena membuat kue mengembang dan lembut.

Sementara mentega lebih cocok untuk kue kering, memberikan tekstur renyah dan gurih, serta digunakan dalam memasak seperti memanggang steak atau menumis sayuran.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version