Penyakit kuning pada bayi
Sinar matahari baik untuk anak-anak dan bayi, membantu mengatasi penyakit kuning pada bayi. Saat menjemur bayi, gunakan topi dan pakaian pelindung, dan hindari berjemur terlalu lama (tidak lebih dari 10–15 menit). Untuk bayi di atas 6 bulan, gunakan tabir surya khusus anak.

Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti:

Kulit terbakar
Kulit bisa terbakar (sunburn) jika terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari, biasanya lebih dari 15–30 menit. Gunakan tabir surya dengan SPF 35 atau lebih, serta penutup kepala dan pakaian yang melindungi tubuh.

Penuaan dini kulit
Sering berjemur di bawah sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, membuatnya kering, kusam, keriput, dan muncul bintik kehitaman.

Cedera mata
Terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat merusak kornea mata, menyebabkan penglihatan buram, dan meningkatkan risiko gangguan mata lainnya seperti katarak, degenerasi makula, dan kanker mata melanoma.

Kanker kulit
Paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak sel-sel kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Sinar matahari dalam jumlah yang tepat menyimpan berbagai manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, paparan berlebihan bisa berbahaya. Jika Anda mengalami keluhan kulit akibat sinar matahari, seperti kulit kering, kemerahan, atau bercak kehitaman, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.- ***

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version