KORANMANDALA.COM – Teh oregano mungkin jarang dikenal, tetapi sebenarnya memiliki beragam manfaat kesehatan. Oregano biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan Mediterania dan Italia, namun daun oregano yang dikeringkan juga bisa diseduh menjadi teh.

Teh ini memiliki aroma dan rasa yang mirip dengan mint karena oregano termasuk dalam keluarga daun mint.

Teh oregano mengandung berbagai senyawa aktif seperti asam rosmarinat, hispidulin, dan flavonoid yang memberikan manfaat kesehatan.

BACA JUGA: Bagi-bagi 12 AKUN FF Gratis Masih Aktif 28 Juni 2024 No Hack Evo Gun, Akun Sultan FF Litomplo

Beberapa manfaat mengkonsumsi teh oregano secara rutin diantaranya adalah;

Mencegah Penyakit Kardiovaskular:
Senyawa antioksidan dalam teh oregano memiliki potensi untuk menghambat akumulasi lemak pada pembuluh darah, terutama pada individu dengan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang tinggi. Hal ini berperan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Meredakan Peradangan:
Flavonoid dan asam fenolik dalam oregano berperan sebagai antiradang yang dapat menghambat dan menekan reaksi peradangan, sehingga teh oregano dapat membantu mengatasi peradangan seperti nyeri otot, sakit gigi, atau iritasi kulit.

Melindungi Sel dari Kerusakan:
Antioksidan dalam oregano tidak hanya melindungi pembuluh darah dan jantung, tetapi juga seluruh sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menurunkan risiko penyakit kronis termasuk kanker.

Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus:
Senyawa dalam teh oregano mampu menghalangi pertumbuhan bakteri dan virus, membantu tubuh terhindar dari infeksi pernapasan dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Mengatasi Perut Kembung:
Teh oregano bersifat diuretik yang membantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh yang menyebabkan perut kembung.

Meredakan Batuk:
Teh oregano mengandung carvacrol yang bersifat antiradang dan dapat meredakan batuk serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk pemulihan lebih cepat.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version