KORANMANDALA.COM – Buah murbei, meskipun belum populer di kalangan masyarakat Indonesia, memiliki manfaat kesehatan yang patut diperhitungkan. Selain diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol, buah manis dan sedikit asam ini juga diyakini dapat mencegah kanker.

Buah murbei memiliki warna kehitaman dan rasa yang enak. Biasanya, buah ini diolah menjadi selai, sirop, teh, atau manisan kering. Tidak hanya buahnya, daun murbei juga bisa dikonsumsi sebagai suplemen atau teh herbal.

Kandungan Nutrisi Buah Murbei
Dalam setiap 100 gram buah murbei terdapat sekitar 45 kalori serta beberapa nutrisi penting lainnya, seperti:

BACA JUGA: BURUAN KLAIM! 13 Akun FF Sultan Gratis FB Google Hari Ini 30 Juni 2024, 1 Menit Lalu Masih Aktif Pakai Email dan Kata Sandi

10 gram karbohidrat
1,5 gram protein
1,7–2 gram serat
8 gram gula
40 miligram kalsium
1,8–2 gram zat besi
200 miligram kalium
35–40 miligram vitamin C
0,8 miligram vitamin E
12 miligram kolin

Buah murbei juga mengandung vitamin B, selenium, zinc, serta antioksidan polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, buah murbei memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain;

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah:
Kolesterol adalah lemak yang penting untuk tubuh dalam jumlah yang seimbang. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Buah murbei dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Mengatur kadar gula darah:
Buah murbei mengandung senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ) yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari karbohidrat dalam usus, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Mengurangi risiko kanker:
Kandungan antioksidan dalam buah murbei dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memverifikasi efektivitasnya dalam mencegah dan mengobati kanker.

Menjaga berat badan:
Buah murbei rendah kalori namun kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang menjalani program penurunan berat badan.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version