KORANMANDALA.COM – Aromaterapi adalah terapi alternatif yang menggunakan aroma minyak esensial dari berbagai ekstrak tumbuhan, seperti bunga jeruk pahit, mawar, melati, lavender, dan lainnya.

Minyak esensial ini terutama dihirup, tetapi bisa juga dioleskan pada tubuh yang sakit. Aroma dari minyak esensial merangsang sistem saraf di otak, membantu memperbaiki suasana hati, detak jantung, tekanan darah, dan melegakan pernapasan.

Aromaterapi memiliki beberapa manfaat kesehatan fisik dan mental berdasarkan penelitian, termasuk relaksasi tubuh dan pikiran, peningkatan kualitas tidur, pengurangan stres, meringankan rasa gelisah saat persalinan, mengurangi nyeri haid dan sendi, melawan infeksi kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, serta meredakan sakit kepala, migrain, dan mual.

BACA JUGA: Bagi-bagi 16 AKUN FF Gratis Masih Aktif 30 Juni 2024 No Hack Evo Gun, Akun Sultan FF Litomplo

Aromaterapi juga bisa mencegah gigitan nyamuk dan serangga. Namun, aromaterapi hanya berfungsi sebagai perawatan tambahan dan efektivitasnya masih perlu penelitian lebih lanjut.

Ada berbagai cara menggunakan aromaterapi, yaitu:

Menghirup uap aromaterapi dengan mencampurkan 3-7 tetes minyak ke air hangat dan menghirup uapnya selama 2 menit.

Menggunakan diffuser untuk menyebarkan aroma minyak esensial di ruangan, baik dengan lilin atau listrik. Namun, hindari penggunaan jangka panjang jika ada penghuni rumah yang hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

Berendam air hangat dengan beberapa tetes minyak esensial untuk meredakan stres, atau menggunakan waslap yang direndam minyak esensial untuk membasuh tubuh.

Memijat tubuh dengan campuran minyak esensial dan minyak pijat untuk relaksasi dan mengurangi ketegangan otot. Pastikan minyak esensial diencerkan dengan minyak pembawa seperti jojoba, zaitun, atau kelapa untuk menghindari iritasi.

Menggunakan produk perawatan tubuh yang mengandung minyak esensial untuk mengharumkan tubuh dan meningkatkan relaksasi.

Meski banyak manfaatnya, aromaterapi juga memiliki risiko iritasi kulit, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

Penting untuk memahami cara penggunaan aromaterapi dengan tepat dan berkonsultasi dengan dokter jika memiliki kondisi medis tertentu sebelum menggunakannya.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version