KORANMANDALA.COM – Kebiasaan kecil sehari-hari dapat meningkatkan suasana hati kita, tidak hanya terbatas pada momen-momen besar saja.

Menurut sebuah laporan di Times of India, tubuh manusia memproduksi bahan kimia alami yang disebut “hormon bahagia”, seperti serotonin, dopamin, oksitosin, dan endorfin.

Produksi hormon kebahagiaan dalam tubuh yang berperan penting dalam meningkatkan mood serta perasaan segar dan puas tersebut, menut sumber, dapat ditingkatkan melalui beberapa kebiasaan sederhana.

Adapun kebiasaan sederhana tersebut adalag sebagai berikut:

1. Mulai hari dengan rasa syukur

Memulai hari dengan mensyukuri berbagal hal dapat memberikan suasana positif seharian. Caranya, luangkan beberapa menit setiap pagi untuk menuliskan tiga hal yang kita syukuri.

Beberapa menit ini membantu meningkatkan kadar dopamin, yang dikenal sebagai “hormon bahagia” yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan.

2. Lakukan aktivitas fisik di pagi hari

Melakukan olahraga ringan di pagi hari dapat meningkatkan mood kita. Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik, tubuhnya mengeluarkan hormon endorfin yang memberikan perasaan segar dan gembira.

Jalan kaki 10 menit saja sudah bisa melepaskan hormon endorfin dalam jumlah cukup sehingga membuat seseorang merasa bahagia selama beberapa jam berikutnya.

1 2 3
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version