KORANMANDALA.COM – Wortel memiliki manfaat tak terduga untuk kulit pria dan wanita jika dikonsumsi dengan benar.

Sebuah studi paling baru dari peneliti di Universitas Nevada misalnya menyebutkan bahwa makan atau ngemil wortel tiga kali seminggu, bisa meningkatkan karotenoid kulit pria dan wanita muda.

“Itu bisa menyebabkan yang mengemil selalu awet muda dan sehat,” demikian salahsatu hasil studi tersebut.

Sekedar diketahui karotenoid adalah pigmen yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang memberi warna merah cerah, oranye, ungu, dan kuning.

“Karotenoid penting karena dikaitkan dengan kesehatan mata dan penglihatan yang lebih baik, yang sering dikaitkan dengan wortel, serta peningkatan fungsi kekebalan tubuh, ” kata asisten profesor dan ahli gizi Universitas Nevada, Nida Akhavan.

Ahli itu juga menyebutkan bahwa karotenoid dalam wortel tersebut juga bisa memberikan perlindungan kulit terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Karena itulah Akhavan menyarankan kita untuk membiasakan diet wortel jika ingin merasakan manfaat dari wortel termasuk manfaat tampak awet muda dan kulit segar serta sehat.

Dalam kaitan dengan saran makan atau ngemil wortel, Akhavan menyebutkan bahwa untuk meningkatkan karotenoid seseorang memerlukan makan 3 kali porsi wortel setiap hari selama 3 minggu untuk melihat peningkatan kadarnya secara signifikan.

Porsi dimaksud adalah sekitar 8 hingga 12 wortel kecil tergantung ukurannya selama 3 kali seminggu.

“Manfaatnya akan terasa jika bersamaan dengan mengonsumsi wortel, ditambahkan pula multivitamin yang mengandung beta-karoten. Ini bisa meningkatkan kadar karotenoid kulit,” demikian studi tersebut.***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version