KORANMANDALA.COM -Grounding adalah teknik terapi yang melibatkan aktivitas tertentu di ruang terbuka untuk menghubungkan kembali seseorang dengan bumi. Grounding memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga semakin banyak orang yang tertarik dengan terapi ini.

Grounding dipercaya dapat mengalirkan energi positif dari bumi, yang berdampak baik pada kesehatan. Terapi ini mudah dilakukan dengan melakukan kontak langsung dengan permukaan bumi, seperti berjalan tanpa alas kaki, duduk dengan kaki telanjang, atau berbaring di atas rumput. Anda juga bisa menyentuh tanah atau berkebun tanpa sarung tangan.

Berikut beberapa manfaat grounding untuk kesehatan:

BACA JUGA: Update 10 Akun FF Sultan Masih Valid Gratis Hari Ini 3 Juli 2024, Temukan SG2 Ungu

Mengurangi rasa lelah:
Penelitian menunjukkan bahwa grounding dapat mengurangi kelelahan, membuat orang yang melakukannya tidak mudah lelah atau sakit, dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Mengurangi peradangan:
Grounding rutin dapat membantu mengurangi peradangan, yang dikaitkan dengan berbagai penyakit. Ini mungkin karena grounding membantu mengelola kadar kortisol, hormon yang muncul saat stres.

Menurunkan tekanan darah:
Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, grounding rutin dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Penelitian menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik sekitar 14,3% setelah grounding.

Meningkatkan imunitas tubuh:
Grounding dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan cara yang mirip dengan antioksidan, yaitu menghubungkan sel manusia dengan alam sekitar melalui konduksi listrik.

Menurunkan risiko penyakit jantung:
Grounding dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung yang lemah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengurangi kecemasan:
Grounding dapat menurunkan tingkat kecemasan dengan mengalihkan fokus, seperti saat berjalan tanpa alas kaki di taman dan menikmati sensasi pijakan.

Meningkatkan kualitas tidur:
Grounding selama 20 menit di pagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur malam hari dengan mengontrol kadar kortisol dalam tubuh.

Namun, perlu berhati-hati saat melakukan grounding karena risiko terluka oleh benda tajam atau terkontaminasi mikroorganisme di tanah. Pastikan tanah atau rumput yang diinjak bersih.

Meskipun manfaat grounding masih perlu diteliti lebih lanjut, menjaga kesehatan tubuh tetap penting dengan mengonsumsi makanan bergizi, cukup minum air, berolahraga, tidur cukup, dan mengelola stres dengan baik.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version