KORANMANDALA.COM – Polemik tentang predikat pantai Loji sebagai pantai  terkotor nomor 4 se Indonesia terus berlanjut.

Seperti diketahui sebelumnya, pantai Loji yang berlokasi di Cibutun, Desa Sanggarawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi menjadi perbincangan publik, usai video viral yang diunggah komunitas peduli lingkungan asal Bandung, Pandawara Group.

Pasalnya, pantai tersebut tidak menawarkan keindahan sedikit pun, melainkan pesisir pantai yang dipenuhi dengan sampah, sehingga terlihat tampak kotor dan jauh dari keindahan.

Hal itulah yang mendasari Pandawara Group untuk melakukan sesuatu yang dianggap berarti bagi lingkungan, yakni dengan agenda gerakan bersih-bersih sampah di Pantai tersebut.

Baca Juga: Mendahului Pandawara Group, Gabungan Pemkab Sukabumi Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pantai Cibitun Loji

Sehingga, dengan nada menyindir, Pandawara Group memasang plang yang menuliskan “Selamat datang di pantai terkotor nomor 4 di Indonesia”.

Rencananya, agenda kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Loji, akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Oktober 2023, dengan mengajak seluruh elemen masyarakat sekitar untuk turut berpartisipasi membersihkan pantai.

Namun siapa sangka, hal tersebut menuai polemik, usai Pandawara Group terkendala masalah perizinan kepada pemerintah desa setempat.

Baca Juga: Kepala Desa Sangrawayang Tolak Aksi Pandawara Group Bersih-Bersih Pantai Loji, Susi Pudjiastuti: Ya ampuuun

Pasalnya, pemerintah desa dan unsur organisasi kepemudaan, Karang Taruna, meradang dan tidak terima jika Pantai Loji disebut sebagai Pantai Terkotor nomor 4 di Indonesia

Mereka pun mempertanyakan alasan dasar terkait pembubuhan predikat pantai Loji sebagai pantai terkotor nomor 4 di Indonesia kepada Pandawara Group.

Bahkan, sejumlah unsur pemerintah setempat pun dikabarkan akan menuntut Pandawara Group yang membubuhkan predikat Pantai Loji sebagai pantai terkotor nomor 4 di Indonesia, apabila Pandawara Group tidak bisa membuktikannya.

Baca Juga: Pantai Loji Disebut Terkotor Nomor 4 di Indonesia, Kades dan Karang Taruna Tidak Terima Kecam Pandawara Ramai di Lini Masa

Namun, setelah Pandawara Group meminta maaf kepada unsur pemerintah terkait, maka mereka pun akhirnya diberi izin untuk melakukan kegiatan bersih-bersih pantai yang sudah direncanakan sebelumnya.

Melihat reaksi yang kian memanas di kalangan warganet di lini masa, akhirnya memaksa sejumlah unsur pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi mulai menyikapi polemik Pantai Loji.

Dikabarkan, pemerintah daerah kabupaten Sukabumi mulai turun tangan membersihkan Pantai Loji, yang dilakukan pada tanggal Rabu, 4 Oktober 2023, sebelum gelaran kegiatan bersih-bersih pantai yang akan dilakukan Pandawara Group.

Baca Juga: Aksi Bersih-bersih Pantai Kesenden yang Digagas Pandawara, Walikota Sebut Pemkot Cirebon Ketiban Durian Runtuh

Dari apa yang dilakukan Pemerintah kabupaten Sukabumi, tentunya mendapat reaksi dari berbagai kalangan, seperti halnya mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti, yang memberikan tanggapan di akun Twitter miliknya.

“Untuk Pemda Sukabumi: Jangan setengah-setengah membersihkannya… kalau malu mundur, malu di malu-maluin, silahkan kerjakan oleh Anda, bersihkan sampai selesai!!, kalau tidak sampah akan menenggelamkan kalian!!,” ungkap Susi, pada Kamis, 5 Oktober 2023. (sam/sam)

Sumber:

Editor: Ade Mamad Sam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version