KORANMANDALA.COM – Kedua pemiliknya sama, yaitu lupa memadamkan tungku api setelah masak sehingga menimbulkan kebakaran dan meluluhlantakan rumah miliknya. 

Kebakaran yang terjadi di dua tempat berbeda itu, yakni di kecamatan Karangpawitan dan Banyuresmi, tidak menimbulkan korban jiwa, baik yang meninggal maupun luka bakar. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Karangpawitan, AKP Nurdin Jaelani, saat dikonfirmasi oleh wartawan, Kamis 5 Oktober 2023.

“Kebakaran tersebut terjadi di rumah Kartini warga kampung Koromoy Kelurahan Karangmulya Kecamatan Karangpawitan Garut, pada Rabu 4 Oktober 2023 pagi sekitar pukul. 10.00 WIB,” tutur Kapolsek. 

Baca Juga: Operasi Knalpot Bising Terus Disisir Polres Garut Hingga Ke Lingkungan Sekolah, Ini Hasilnya

Kejadian itu, dikatakan Kapolsek, ketika Kartini usai masak dan meninggalkan rumah, namun lupa memadamkan tungku api. 

Disaat, asyik ngobrol di tetangga, tiba-tiba Kartini, kaget melihat ada kepulan asap dan jilatan api di atap rumahnya. 

Kartini, tanpa disadari langsung menjerit minta tolong ke warga terdekat. 

Baca Juga: Minibus Hilang Kendali, Terjun ke Jurang Saat Melintasi Tikungan di Cibatu Kabupaten Garut

Sebagian warga yang mengetahui adanya kebakaran di rumah Kartini, langsung memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya, sambil menunggu tibanya Polisi dan Damkar yang terlebih dahulu dilaporkan. 

Api terus menjalar ke bangunan lainya yang berbahan kayu. Setelah beberapa saat datang 2 unit mobil Damkar hanya dalam waktu kurang satu jam api yang membakar rumah panggung Kartini dapat dipadamkan. 

Begitu pula keterangan dari Kapolsek Banyuresmi, AKP Rachmat Hamdani, satu rumah milik seorang ibu rumah tangga bernama Ikah (50) warga kampung Legok Peer Kecamatan Banyuresmi, terbakar berikut seluruh isinya, Rabu, 4 Oktober 2023 sekira pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Bupati Garut Rudy Gunawan Sikapi Oknum LSM yang Mencak-Mencak: Berhadapan Saja dengan Saya

Asal api sama dari tungku yang lupa dipadamkan seusai masak dan ditinggalkan keluar rumah oleh pemiliknya. 

Baik Kartini maupun Ikah, selain menderita kerugian mencapai puluhan juta karena rumah berikut seluruh isinya habis dilalap api, juga terpaksa harus mengungsi ke rumah familinya bersama keluarganya. (stc/sam)

Sumber:

Editor: Ade Mamad Sam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version