KORANMANDALA.COM – Lengkuas, juga dikenal dengan nama galangal, adalah rempah-rempah yang tumbuh di Asia Tenggara dan telah digunakan selama ribuan tahun dalam berbagai masakan dan obat tradisional. 

Lengkuas memiliki sejumlah senyawa yang menjadikannya berharga untuk kesehatan, termasuk senyawa anti-inflamasi dan antioksidan. 

Selain untuk obat, lengkuas telah lama digunakan di berbagai negara seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan Indonesia untuk bahan masakan. 

Baca Juga : Pejuang Diet Wajib Tahu! Ternyata Telur Ayam Kampung Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Sederet Manfaatnya

Lantas apa saja manfaat lengkuas untuk tubuh? Dikutip Koran Mandala dari YouTube Dokter Fery TV, inilah 5 manfaat lengkuas : 

  1. Anti-Inflamasi dan Antioksidan

Lengkuas mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh dari polusi. 

Senyawa ini membantu melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Penggunaan dalam Masakan

Lengkuas sering digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai jenis masakan, terutama dalam masakan Asia Tenggara. 

Lengkuas putih memiliki rasa yang lebih kuat dan pedas dibandingkan dengan lengkuas merah. Ini digunakan dalam sup sayur, saus, dan hidangan lainnya untuk memberikan rasa khas dan aroma yang unik.

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

  1. Pengobatan Tradisional

Selain sebagai bahan masakan, lengkuas juga digunakan dalam pengobatan tradisional. Ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pencernaan, demam, batuk, dan sakit kepala. 

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version