KORANMANDALA.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun menjanjikan akan mengembalikan marwah PWI sebagai wadah penampung para jurnalis yang memiliki kemampuan tidak hanya jurnalistik melainkan wawasan kebangsaan.

Oleh karena itu, PWI ke depan salah satunya akan memperbanyak pendidikan untuk para wartawan. “Dengan begitu diharapkan wartawan dapat meningkatkan kemampuan teknis jurnalistik dan wawasan kebangsaan,” katanya.

Saat mengikuti rapat perdana Dewan Penasihat, Rabu 18 Oktober 2023 di kantor PWI, Hendry mengatakan, ketika PWI lahir, persoalan-persoalan yang dibahas tidak sekedar soal jurnalisik belaka, melainkan soal-soal yang terkait dengan bangsa dan negara.

Selain itu, tambah Hendry, pada awal tumbuh dan berkembanganya PWI, para wartawan sangat menjaga integritas dan independensinya. “Kita perlu mengembalikan marwah PWI seperti ketika lahir dulu,” kata Hendry.

BACA JUGA: Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD Curhat Pernah di ‘Prank’ Jokowi di Pilpres 2019

Ketua Dewan Penasihat Ilham Bintang menjelaskan, susunan Dewan Penasihat PWI sengaja dipilih dengan beragam latar belakang dan usia, agar Dewan Penasihat dapat menampung beragam aspirasi yang sedang berkembang di masyarakat.

Menurut Ilham, diminta atau tidak diminta, Dewan Penasihat akan senantiasa memberikan masukan kepada pengurus.

“Ibarat pengantin, sebelum keluar, kita berperan menghias pengantin sampai tampil semenarik mungkin. Dengan begitu, Pengurus PWI saat bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat telah berada pada posisi siap dan arah yang tepat,” tandas Ilham.

Dalam rapat itu muncul pembahasan berbagai masalah. Mulai dari soal perekonomian perusahaan pers, kualitas wartawan, pengelolaan aset organisasi, antisipasi perkembangan kemajuan teknologi informasi seperti Artificial Intelegent (AI) sampai tindakan tegas wartawan yang melanggar ketentuan organisasi dan peraturan sosial.

SERAH TERIMA

Sementara itu, acara serah terima ketua PWI lama ke yang baru yakni dari ketua lama Attal S Depari ke Hendry Ch Bangun akan dilaksanakan Jumat 20 Oktober 2023 di gedung PWI Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Seluruh pengurus baru akan hadir dalam acara itu.

BACA JUGA: Yusril Ihza Mahendra Tegaskan akan Dukung Penuh Keputusan Prabowo Soal Bacawapres

Salah seorang pengurus, Tatang Suherman, berharap kepengurusan Hendry Ch Bangun bisa membangun organisasi tempat berkumpulnya para wartawan di seluruh Indonesia ini akan menjadi lembaga yang memiliki kewibawaan. Tentu saja untuk mencapai itu, PWI yang selama ini agak melenceng harus dikembalikan menjadi lembaga yang berintegritas dan memiliki kewibawaan tinggi.

Oleh karena itu, Tatang berharap, dalam waktu dekat, PWI pusat menyediakan tempat pelatihan, bila perlu mendirikan Akademi yang permanen sehingga bisa dimanfaatkan para wartawan Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. ***

Sumber:

Editor: Tatang Suherman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version