KORANMANDALA.COM – Kasus cacar monyet yang kini terus bermunculan di tanah air, sejatinya bisa segera dicegah oleh istitusi terkait.

Mengapa bisa segera dicegah, karena menularnya harus melalui sentuhan, tidak seperi virus Covid.

Karena itu, Kementerian Kesehatan harus bisa segera mendeteksi orang yang terpapar cacar monyet dengan pencegahan dan pengobatan.

“Tentu kalau kita sudah bisa mendeteksi orangnya, tentu dengan adanya pencegahan dan mengobati untuk tidak berkontak dengan orang lain, ini penting sekali,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh.

BACA JUGA:Dinkes Jawa Barat Temukan Dua Kasus Suspek Cacar Monyet

Ninik –sapaan Nihayatul Wafiroh menyatakan hal itu,  usai Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang ke – II di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 31 Oktober 2023 sebagaimana dikutip dari laman resmi DPR RI.

“Kasus ini sebenarnya tentu bisa segera dicegah karena ini menularnya kan harus bersentuhan yah, bukan virus seperti covid,” ujarnya.

Sebelumnya, menurut informasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jumlah kasus cacar monyet terkini berjumlah 27 kasus.

BACA JUGAKasus Pertama di Jabar, Pahami 6 Cara Penularan Cacar Monyet atau Monkeypox

Dari sebanyak 27 kasus itu, 21 di antaranyaberada di wilayah DKI Jakarta, dan sisanya tersebar di Bandung, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.

1 2
Sumber:

Editor: Ade Mamad Sam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version