KORANMANDALA.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bertemu langsung dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC.

“Kami kemudian melakukan pertemuan terbatas di ruang kerja Presiden Biden di Oval Office lalu diikuti pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis di Instagram @jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak Joe Biden untuk turut menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza akibat perang antara Hamas-Israel.

“Dalam pertemuan tatap muka tadi, saya menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global,” tulis Jokowi.

Ia juga menyebut, peristiwa di Gaza, Palestina ini sangat menyakitkan bagi umat manusia.

Baca Juga : Bertemu Presiden Amerika Serikat, Jokowi : Saya Mengajak Biden Menghentikan Konflik dan Kekejaman di Gaza

Amerika Serikat Merupakan Mitra Penting Bagi Indonesia

Jokowi juga sepaakt untuk meningkatkan kemitraan antara kedua negara menjadi  Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

“Namun yang paling penting adalah kita harus benar-benar mengartikannya karena bagi Indonesia kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasok,” ungkapnya seperti yang dikutip Koran Mandala dari YouTube Sekretariat Presiden.

Joe Biden menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerja sama antarkedua negara dalam berbagai bidang.

Baca Juga : Presiden Jokowi Bertemu dengan Joe Biden, Desak Amerika Hentikan Kekejaman di Gaza Palestina

“Termasuk di dalamnya adalah peningkatkan kerja sama kita dalam hal keamanan,” ucap Biden.

Ia juga menambahkan kerja sama dalam membangun ratai pasokan yang aman, termasuk kolaborasi dalam menanggulangi krisis iklim.

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version