KORANMANDALA.COM – Presiden ke-6 yang sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono hadiri acara peringatan 19 tahun Tsunami Aceh pada Selasa, 26 Desember 2023. 

Acara ini turut dihadiri sejumlah ulama, tokoh agama, dan masyarakat yang digelar di Hotel Hermes, Aceh. 

Peringatan ini juga menjadi ajang silaturahmi serta doa bersama untuk mengenang kejadian pahit di akhir tahun 2004 tersebut. 

Tsunami Aceh 2004

Tsunami Aceh terjadi pada Minggu, 26 Desember 2004, ketika gempa dengan magnitudo 9,1 hingga 9,3 SR mengguncang Aceh bagian barat dan sekitarnya sekitar pukul 07.50 WIB. 

Pusat gempa terletak sekitar 20-25 kilometer barat daya Sumatera. Dalam waktu singkat setelah gempa, warga di pesisir pantai menyaksikan air laut yang surut dan garis pantai yang mundur hingga ratusan meter. 

Dalam beberapa menit, gelombang tsunami setinggi sekitar 30 meter tiba-tiba melanda pantai barat Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. 

Kecepatan gelombang diperkirakan mencapai 800 km per jam.

Dalam tujuh menit saja, kota-kota di pesisir barat Aceh sudah menjadi puing-puing bangunan dan dibanjiri mayat dalam keadaan tragis. Dilaporkan bahwa sekitar 132.000 jiwa meninggal dunia dan 37.000 orang dinyatakan hilang. 

Pada tanggal 27 Desember 2004, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan tsunami Aceh sebagai bencana kemanusiaan terbesar yang pernah melanda Indonesia. 

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version