KORANMANDALA.COM – Flek hitam di wajah sering kali membuat kita merasa tidak percaya diri. Flek ini muncul karena peningkatan produksi melanin, yaitu zat yang memberikan warna kulit.

Peningkatan produksi melanin dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk bertambahnya usia, paparan sinar matahari berlebih, perubahan hormon selama kehamilan, efek samping obat, atau bekas luka akibat peradangan kulit seperti eksim atau jerawat.

Menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat bisa dilakukan dengan berbagai bahan alami yang berkhasiat memudarkan noda hitam. Penggunaan bahan alami adalah cara yang mudah, murah, dan efektif asalkan dilakukan secara teratur dan konsisten.

Berikut adalah beberapa cara alami dan cepat untuk menghilangkan flek hitam di wajah sebelum Anda memutuskan melakukan terapi di klinik kecantikan.

Masker Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat memperbaiki masalah kulit dan mencerahkan kulit. Untuk membuat masker lemon, campurkan 1 sendok teh perasan lemon dengan 1 sendok teh madu, lalu oleskan merata ke wajah. Diamkan selama 10–15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang efektif menyamarkan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Buat masker teh hijau dengan menyeduh teh hijau, dinginkan daun tehnya, lalu campurkan dengan madu dan soda kue. Oleskan campuran ini ke wajah, diamkan selama 10–15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini hingga 3 kali seminggu.

Masker Tomat

Tomat kaya akan vitamin A, B, C, dan likopen yang dapat menghilangkan flek hitam serta melawan peradangan, merangsang pembentukan kolagen, dan mencegah kerutan. Buatlah masker dengan mencampurkan tomat dengan madu, oleskan merata ke wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan C yang mampu mencerahkan kulit dan menunda tanda penuaan. Buat masker dengan mencampurkan 1 sendok teh parutan wortel dengan 1 sendok teh madu, oleskan ke wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

Masker Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang menghambat produksi melanin sehingga kulit lebih cerah. Buatlah masker kunyit, tetapi jangan gunakan terlalu lama karena bisa meninggalkan bekas kuning. Bilas wajah dengan air hangat setelah 10 menit.

Masker Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloesin dan aloin yang menekan produksi melanin. Oleskan gel lidah buaya siap pakai atau masker lidah buaya alami untuk mendapatkan manfaat ini.

Jojoba Oil

Minyak alami, khususnya jojoba oil, mengandung antioksidan yang efektif menyamarkan flek hitam dan mencegah keriput. Oleskan minyak ini pada flek hitam di wajah untuk hasil yang optimal.

Ekstrak Licorice

Licorice kaya akan antioksidan dan antiperadangan yang efektif menghilangkan flek hitam. Banyak digunakan dalam produk skincare, licorice dapat menyamarkan flek hitam dan mencerahkan kulit wajah.

Selain menggunakan bahan alami di atas, kurangi atau hindari aktivitas di luar ruangan saat sinar matahari terik, yaitu sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika harus beraktivitas di luar, gunakan pelindung seperti topi, payung, dan tabir surya.

Perlu diingat, bahan-bahan alami bisa memberikan hasil berbeda pada setiap orang dan bisa menyebabkan iritasi kulit. Segera bilas dan periksakan diri ke dokter jika mengalami iritasi setelah menggunakan bahan alami tersebut.

Jika cara alami di atas kurang memuaskan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version