KORANMANDALA.COM – Micin telah lama digunakan sebagai penyedap rasa untuk meningkatkan cita rasa makanan. Selain memberikan rasa gurih, micin juga diyakini oleh beberapa orang memiliki manfaat untuk kecantikan, seperti menghilangkan flek hitam dan membuat wajah glowing secara instan. Klaim ini telah mendorong banyak orang untuk mencoba menggunakan micin sebagai masker wajah.

Penggunaan micin sebagai masker wajah cukup populer di media sosial. Caranya adalah dengan mencampurkan micin dengan air mawar, lalu mengoleskannya ke wajah menggunakan kuas.

Setelah 15–30 menit, masker tersebut dibilas dengan air. Klaimnya, campuran micin dan air mawar dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, memudarkan flek hitam, mengurangi minyak berlebih, dan melembapkan wajah.

Namun, apakah micin benar-benar memberikan manfaat bagi kulit wajah? Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas micin untuk kecantikan kulit. Micin yang beredar di pasaran dirancang untuk memasak, bukan untuk perawatan kulit, dan belum ada penelitian mengenai keamanan penggunaan monosodium glutamate pada kulit wajah.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan masker micin.

Tekstur micin tidak sehalus scrub yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah.

Penggunaan micin untuk masker bisa menyebabkan beberapa hal, diantaranya;

Luka pada kulit

Kerusakan kulit

Iritasi kulit yang ditandai dengan kemerahan, gatal-gatal, dan bersisik

Selain itu, beberapa orang mungkin sensitif terhadap zat tambahan makanan seperti micin, yang dikenal dengan sindrom restoran China.

Gejalanya meliputi wajah memerah, sakit kepala, nyeri dada, mual, nyeri otot, sakit perut, kulit mengelupas, kesemutan, hingga diare.

Setiap produk yang tersedia di pasaran memiliki cara penggunaan dan manfaat tertentu. Oleh karena itu, gunakanlah produk sesuai anjuran pada kemasan dan hindari penggunaan produk yang tidak dirancang untuk kulit wajah.

Berhati-hatilah sebelum mencoba tren perawatan kulit baru, karena kesalahan dalam perawatan kulit bisa merusak kulit wajah.

Manfaat micin untuk wajah belum terbukti secara ilmiah.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, gunakan rangkaian produk perawatan kulit yang telah teruji secara dermatologis dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.- ***

 

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version