KORANMANDALA.COM – Menurut penelitian, setidaknya ada 4 faktor yang berkontribusi terhadap munculnya penyakit Alzheimer. Berikut ini adalah 4 tersebut.

Hanya sebelumnya perlu dijelaskan bahwa seiring dengan semakin seriusnya populasi lansia, fenomena penyakit Alzheimer secara bertahap mendapat perhatian luas dari semua lapisan masyarakat.

Penyakit ini tidak hanya menjadi penurunan fungsi fisik, tetapi juga menjadi ujian bagi setiap keluarga bahkan seluruh masyarakat.

Aawalnya pasien hanya mengalami kehilangan ingatan ringan, seperti kadang-kadang tidak dapat menemukan kunci atau tidak dapat mengingat nama teman.

Namun seiring berkembangnya penyakit, kelupaan semacam ini akan meluas ke peristiwa-peristiwa penting, bahkan penampilan kerabat pun akan menjadi kabur, sehingga sangat mengganggu kehidupan sehari-hari pasien.

Pada tahap akhir, pasien mungkin benar-benar kehilangan kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri dan memerlukan perawatan sepanjang waktu dari anggota keluarga atau perawat.

Lalu, faktor apa saja yang berkontribusi terhadap penyakit tersebut? Menurut beberapa sumber, faktor tersebut adalah sebagai berikut.

1. Melewatkan sarapan

Sarapan dikenal sebagai “makanan terpenting hari ini”. Sarapan tidak hanya mengisi kembali energi yang dikonsumsi di malam hari, tetapi juga membantu memulai fungsi otak sehari-hari.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan memiliki lebih sedikit kesempatan bagi otak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif dalam jangka panjang.

1 2 3
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version