KORANMANDALA.COM – Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Cianjur, Ida, sudah ditemukan keberadaannya. Sebelumnya, Ida hilang kontak dan diduga dijadikan Pekerja Seks Komersial (PSK) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Kepala UPTD PPA Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Anjar Yusdinar memastikan pihaknya akan mendampingi Ida apabila sudah tiba di Indonesia. Pendampingan itu akan diberikan ke Ida maupun anaknya untuk memulihkan kondisi psikologis.

“Nanti kami akan melihat hasil asesmen kondisi psikologis agar dia bisa menanggulangi rasa trauma. Kalau tidak dilakukan di Provinsi, itu juga bisa dilakukan di UPTD PPA Cianjur,” kata Anjar pada Kamis 13 Juli 2023.

Meski begitu, Anjar belum menerima informasi terkait kepulangan Ida ke Indonesia. Sebab, PMI asal Kabupaten Cianjur itu sedang menjalani pemeriksaan oleh kepolisian setempat.

Baca juga: Lulusan SMA dan SMK Jangan Sampai Ketinggalan! Besok KAI Services Buka Lowongan Kerja, Ini Persyaratan Loker

“Korban (Ida) itu sudah diamankan KBRI Dubai tapi memang belum bisa dilakukan proses pemulangan karena masih dalam proses pemeriksaan kasusnya,” ujarnya.

Dengan demikian, Anjar mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan selektif terhadap jasa penyalur PMI. Hal itu tentunya agar kasus serupa tidak kembali terulang ke depannya.

“Jadi masyarakat diharapkan dapat lebih bijak atau menyaring tawaran-tawaran kerja terutama ke luar negeri,” sambungnya.

Baca juga: Cuma Rp7 Jutaan Aja, Motor Listrik United MX 1200 Dapat Anda Miliki, Simak Spesifikasinya

Sebelumnya, Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) menyatakan PMI atas nama Ida yang diduga dijadikan PSK di Dubai, Uni Emirate Arab (UEA) sudah ditemukan.

Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol Mulia Nugraha mengungkapkan, yang bersangkutan saat ini sudah diamankan oleh Kepolisian Dubai pada 11 Juli 2023.

Di hari yang sama, Konsulat Jendral (Konjen) Dubai Chandra Negara langsung memastikan kebenarannya kabar tersebut bahwa orang tersebut merupakan Ida.

Baca juga: Lulusan SMA atau SMK Buruan Serbu! KFC Buka Loker Posisi Crew Store, Cek Persyaratan dan Cara Daftarnya

“Saat ini saudari Ida sedang dimintai keterangan mengenai pihak yang menjualnya. Diketahui bahwa saudari Ida dijual oleh WNA Bangladesh,” kata Nugraha melalui keterangannya pada Kamis 13 Juli 2023. (*)

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version