KORANMANDALA.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI melaporkan empat Warga Negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi dari wilayah konflik perang Hamas-Israel dan telah tiba di Tanah Air.

Dikutip Koran Mandala dari laman Kemlu, sebanyak 4 WNI yang dievakuasi Kemlu RI dan KBRI Amman dari wilayah Tepi Barat dan sekitarnya telah tiba di Jakarta dengan selamat pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Proses evakuasi dilakukan sejak tanggal 13 Oktober melalui jalur darat dari Safe House di Yerusalem melalui Jordan River Border menuju Amman. 

Saat ini tercatat sebanyak 136 WNI masih berada di wilayah Tepi Barat dan sekitarnya. Mereka memilih untuk tetap tinggal di lokasi masing-masing.

Baca Juga : Bela Palestina, Richard Boyd Barett Salahkan AS, Uni Eropa, dan Israel Sekaligus atas Kondisi Memprihatinkan di Gaza

Sementara itu, Pemerintah masih terus upayakan evakuasi 10 WNI dari wilayah Jalur  Gaza. Kerawanan situasi keamanan membuat proses evakuasi WNI dari Jalur Gaza harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dengan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait.  

Hingga saat ini tidak ada WNI yg menjadi korban.

Dalam konflik terbaru di Timur Tengah itu, pasukan Israel meluncurkan serangan militer secara penuh dan terus menerus di Jalur Gaza untuk membalas serangan kelompok militan Hamas Palestina di wilayah Israel. 

Baca Juga : Desak Warga Sipil Gaza Mengungsi demi Keselamatan, Zionis Israel Ingkar, 70 Orang Gugur Diserang saat Perjalanan

Konflik tersebut dimulai ketika Hamas meluncurkan “Operasi Badai Al-Aqsa” terhadap Israel. 

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version