KORANMANDALA.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto lepas 51,5 ton  bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina, Sabtu, 4 November 2023. 

“Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujar Presiden Jokowi di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdana Kusuma, Jakarta. 

Jokowi menyebut ada tiga pesawat Hercules yang segera diberangkatkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan. 

Ada 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut hingga tenda yang akan dikirim. 

Baca Juga : Presiden Jokowi Berpantun di IKN: Ikan Lohan, Ikan Gabus…

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari Baznas, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya, kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” ujarnya seperti yang dikutip Koran Mandala dari Sekretariat Presiden. 

Ia juga menjelaskan 2 pesawat akan diterbangkan melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. 

Sementara satu pesawat lagi akan diterbangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga : Thariq Halilintar Unggah Kebersamaan dengan Presiden Jokowi di IKN, Netizen: Makin Dihujat Kian Sukses!

Presiden mengatakan, pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina juga sedang dalam proses dipersiapkan. Pengiriman bantuan ini, ujarnya, merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina serta kepedulian bangsa Indonesia terdapat kemanusiaan.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” ujar Presiden. 

Lebih lanjut, Presiden kembali menekankan bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan bangsa Palestina. 

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version