KORANMANDALA.COM – Polri bersama Kementerian Kesehatan memberangkatkan pesawat carter Lion Air Airbus A330 yang membawa 26,6 ton bantuan kemanusian ke Gaza, Palestina. 

“Diberangkatkan kembali satu pesawat Airbus A 330 yang akan menuju ke Mesir untuk mengangkut bantuan-bantuan yang diperlukan oleh saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Shandi Nugroho di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu 5 November 2023, malam. 

Pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan tersebut dikelola oleh Polri dan Kementerian Kesehatan menuju Bandara El Arish, Mesir. 

Bantuan itu diangkut menggunakan pesawat ketiga kloter lanjutan dua pesawat Hercules yang dilepas Presiden Joko Widodo pada hari Sabtu, 4 November 2023. 

Baca Juga : Ini Alasan Inara Rusli Kembali Pakai Cadar saat Ikut Aksi Bela Palestina di Monas

Dalam kesempatan itu, Shandi berharap bantuan kemanusiaan dari Indonesia kepada warga Palestina ini dapat menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Khrisna Murti menyampaikan bahwa terdapat sembilan perwakilan Polri, media, Kementerian Luar Negeri yang mengawal bantuan tersebut. 

Jika tidak ada hambatan, seluruh angkutan dua pesawat Hercules dan Lion Air Airbus A330 akan sampai di Mesir dalam waktu bersamaan. 

Baca Juga : Seusai Acara Berakhir, Massa Aksi Bela Palestina Tinggalkan Monas Tanpa Sampah

“Kenapa berangkatnya berbeda? Karena diatur keberangkatannya agar ketibaannya bersamaan di Bandara El Arish besok pagi pukul 07.00 waktu setempat,” kata Khrisna seperti yang dikutip Koran Mandala dari PMJ News. 

Khrisna menjelaskan, jika telah sampai di bandara tim bertugas akan diberikan waktu sekitar 11 jam untuk bongkar muat. 

“Dari 51,5 ton bantuan dari pemerintah Indonesia, 26,5 ton ada di Airbus ini. Bantuan khusus alat-alat kesehatan, 100 tenda peleton, 1.000 selimut, dan jaket musim dingin,” paparnya. 

Baca Juga : Ikut Aksi Bela Palestina di Monas, Rebecca Klopper Dituding Bawa Misi Politik dan Cuma Fomo

Sebagai informasi, Polri menjelaskan pesawat Hercules setidaknya membutuhkan 5 kali transit sebelum tiba di Mesir. 

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version