KORANMANDALA.COM  –  Ketersediaan pangan terutama beras dipastikan aman hingga penghujung tahun 2023. Saat ini, cadangan beras di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Bandung mencapai 87 ribu ton.
“Posisi beras di Jawa Barat aman, posisi hari ini 87.000 ton bersedia,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi Machmudin di Kota Bandung, Selasa 7 November 2023.
Bey mengungkapkan, ketersediaan beras ini nantinya akan disalurkan ke masyarakat lewat bantuan pangan. Dalam satu bulan bantuan pangan memerlukan 46 ribu ton beras.
“Bantuan pangan hingga Desember itu perbulannya perlu 41 ribu ton dan konsumsi lainnya 5 ribu ton, jadi 46 ribu ton,” ungkapnya.
Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Kamboja Kirim Beras Giling ke Indonesia, Tahap Awal 3.500 Ton
Kendati begitu, Bulog akan mendapatkan tambahan beras 35 ribu ton beras pada Senin 13 November 2023. Dengan tambahan tersebut, stok beras di Jabar hingga penghujung 2023 dipastikan aman.
“Besok Senin akan tiba beras 35 ribu ton di (Pelabuhan) Patimban. Jadi secara keseluruhan masih aman hingga akhir tahun,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Bulog Wilayah Jabar Muhammad Attar Rizal menambahkan, pihaknya telah menghitung kebutuhan beras di Jabar.
Baca Juga: Kamboja Turut Jadi Pemasok Beras Bagi Indonesia, Totalnya 10 Ribu Ton, Ini Penjelasan Bapanas
Bulog juga sudah mengantisipasi dengan menambahkan stok beras apabila terjadi kekurangan.
“Sudah dihitung berapa kebutuhan, kemudian kita top up walaupun saat ini tidak panen. Pertama nanti dari Patimban, kedua dari (Tanjung) Priok, dua pintu masuk,” kata Attar.
“Artinya kita tidak khawatir dengan stok yang akan disalurkan nanti untuk akhir tahun,” imbuhnya.
1 2
Sumber:

Editor: Ade Mamad Sam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version