KORANMANDALA.COM – Kemenlu RI membantah tuduhan Israel yang menyebut Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza menjadi tempat menampung kelompok Hamas.

Juru bicara Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal membantah tudingan tersebut. Ia menyebut RS Indonesia di Gaza dibangun untuk tujuan kemanusiaan.

“RS Indonesia di Gaza adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan dan untuk melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza,” ucap Muhammad Iqbal kepada wartawan, Selasa, 7 November 2023.

Menurutnya RS Indonesia merupakan satu dari segelintir fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Gaza di tengah jumlah korban serangan Zionis Israel yang kian bertambah setiap harinya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Warga Gaza Palestina Telah Sampai di Mesir

Sejak serangan Zionis Israel pada bulan lalu, tepatnya 7 Oktober 2023, korban di Palestina telah banyak yang berjatuhan. Kini, pusat pelayanan kesehatan itu merawat dalam jumlah pasien yang melampaui kapasitasnya.

“RS Indonesia saat ini sudah dikelola sepenuhnya oleh otoritas Palestina di Gaza, meskipun dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu,” katanya.

Iqbal juga menyinggung lebih lanjut tentang keberpihakan Indonesia dalam isu Palestina-Israel. Ia menyebutkan, Menlu Retno Marsudi secara konsisten mengutuk kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Gaza.

Baca Juga: Jenazah Ditemukan di Bawah Reruntuhan, Bom Zionis Israel Menggugurkan Seorang Jurnalis Palestina beserta Keluarganya

“Menlu RI sejak awal secara konsisten mengutuk dan menyerukan penghentian segera serangan membabi buta terhadap target sipil, khususnya fasilitas-fasilitas kemanusiaan di Gaza, termasuk rumah sakit dan ambulans,” jelas perwakilan Kemenlu RI itu.

Sebelumnya, juru bicara Zionis Israel Daniel Hagari membuat heboh karena menuduh RS Indonesia di Gaza dibangun di atas jaringan terowongan kelompok Hamas.

Menurut pihaknya, rumah sakit digunakan Hamas untuk menyembunyikan markas operasinya di bawah tanah, termasuk RS Indonesia. (del/del)

Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version