KORANMANDALA.COM – Bantuan kemanusiaan yang diberikan Indonesia untuk Palestina hingga saat ini belum sampai kepada para korban.

Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun. Ia menyampaikan bahwa bantuan dari Indonesia masih tertahan di Mesir.

Seusai penerimaan 22 calon kadet Palestina di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Zuhair menginformasikan tentang kabar terbaru dari bantuan untuk para korban di Gaza, Rabu, 8 Oktober 2023.

“Semua bantuan kemanusiaan, bahkan dari pemerintah Indonesia, ada di El Arish, Mesir, menunggu izin dari para ‘pembunuh’ Israel,” kata Dubes Palestina itu kepada awak media.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Warga Gaza Palestina Telah Sampai di Mesir

Tak hanya bantuan dari Indonesia yang masih tertahan, Zuhair juga menyebutkan pemerintah Palestina pun kesulitan masuk ke Jalur Gaza.

Menurutnya, tidak mudah untuk masuk ke Gaza, termasuk para para pemimpin Palestina sendiri.

Sebelumnya, dua buah pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang membawa bantuan logistik telah tiba di Bandar Udara El Arish, Mesir, Senin, 6 November 2023.

Baca Juga: Ribuan Warga Sipil dari Gaza Utara Mengungsi ke Selatan, Cari Perlindungan yang Lebih Aman dari Serangan Israel

Rombongan bantuan Indonesia dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (Wamenlu), Pahala Mansury. Ia menyebut bantuan tersebut berasal dari masyarakat hingga pemerintah sebagai bentuk solidaritas Indonesia atas peristiwa yang terjadi di Gaza.

Bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan dikelola pengirimannya sampai ke Palestina oleh Palang Merah Internasional Mesir.

Adapun bantuan tahap pertama sudah dilepas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu, 4 November 2023.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version