KORANMANDALA.COM – Besok, Selasa 28 November 2023 adalah hari pertama kampanye pemilu 2024.

Sebanyak 18 partai politik dan 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden menandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Grand Sahid Hotel, Jakarta Pusat, pada Senin 27 November 2023.

Habib Aboe Bakar Alhabsyi, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), memimpin deklarasi kampanye damai yang diikuti oleh peserta Pemilu 2024.

Perwakilan dari 18 partai politik secara bergantian menandatangani deklarasi yang dibuat oleh Bawaslu.

Selanjutnya, 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, turut menandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Berikut adalah komitmen yang terdapat dalam Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diikrarkan oleh 18 partai politik nasional dan 3 pasangan calon presiden-wakil presiden:

Menciptakan suasana aman, tertib, dan damai selama penyelenggaraan pemilu dan
Menjaga persatuan, kesatuan bangsa, serta menghormati keberagaman.

Melaksanakan kampanye pemilu dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye.

Menghindari politisasi SARA, penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan praktik politik uang selama penyelenggaraan pemilu.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version