KORANMANDALA.COM – Tanggal 29 November 2023 memperingati hari apa? Ada 2 momen penting baik secara nasional maupun Internasional.

Untuk nasional, memperingati Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), sedangkan Internasional, memperingati Hari Solidaritas terhadap Rakyat Palestina.

Khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia, pada tanggal 29 November biasanya melakukan aktivitas dan instropeksi terkait peran mereka.

Bagaimana sejarah Hari Korpri? Dilansir Koran Mandala dari situs disnakermobduk.acehprov.go.id, berikut ini sedikit sejarahnya.

Baca Juga : 

Hari Korpri

Presiden Soekarno mendirikan Korpri sebagai organisasi profesi bagi ASN dan pertama kali merayakannya pada tanggal 29 November 1971.

Hari Korpri merayakan hari ulang tahunnya ke 52 tahun dengan tema “ASN Berakhlak, Berintegritas, dan Profesional”.

Tema ini sebagai panggilan untuk menjunjung tinggi akhlak, integritas, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat.

Hari Solidaritas terhadap Rakyat Palestina

Tanggal 29 November menjadi panggilan dunia untuk menunjukkan kepedulian terhadap konflik berkepanjangan di Timur Tengah.

Konflik yang telah berlangsung puluhan tahun antara Palestina dan Israel menyebabkan penderitaan yang mendalam.

Hari Solidaritas terhadap Rakyat Palestina memfokuskan perhatian dunia pada perlunya perdamaian yang adil dan penyelesaian konflik yang berkelanjutan.

Peringatan Hari Solidaritas terhadap Rakyat Palestina bukan hanya sekadar pengingat atas kesulitan yang mereka hadapi, tetapi juga panggilan untuk masyarakat dunia untuk beraksi.

Masyarakat global mewujudkan solidaritas melalui dukungan kemanusiaan, bantuan internasional, dan advokasi perdamaian yang berkesinambungan. (ana)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version